Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puncak Perayaan Pergantian Tahun di Engku Putri, 521 Personil Polri-TNI Diterjunkan
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 31-12-2016 | 18:02 WIB
Apel-pelepasan-pam-tahun-baru.gif Honda-Batam

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika memimpin apel pengamanan malam Tahun Baru di depan Mapoltabes Barelang (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 521 personil yang terdiri dari Polresta Barelang serta BKO Polda Kepri dari Ditlantas, Ditsabhara serta Sat Brimob dan POM TNI, siap mengamankan perayaan pergantian tahun baru pada malam ini, Sabtu (31/12/2016).

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, mengatakan, pada malam pergantian tahun ini, hampir seluruh gereja melaksanakan kegiatan peribadatan dengan jadwal dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Saat ini, sebagian anggota sudah ditempatkan di tempat ibadah, sekaligus disiagan untuk menempati tempat perayaan malam pergantian tahun," ungkap Helmy, usai memimpin apel pengamanan.

Dilanjutkan, selain menyiagakan personil di semua wilayah Batam, pihaknya juga akan memaksimalkan pengamanan di Dataran Engku Putri.

"Puncak acara nantinya di Dataran Engku Putri, karena Pemerintah Kota Batam menggelar acara seperti pesta kembang api," jelasnya.

Ia juga berpesan kepada warga, malam pergantian tahun harus menjadi titik balik untuk bisa menatap masa depan lebih baik. Jika selesai merayakan, agar bisa tertib kembali ke rumah masing-masing.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, selesai perayaan masih tetap nongkrong dan malah menenggak minuman keras (miras), sehingga terjadi kejadian perlelahian. Tentu ini tidak lucu. Masa tahu baru diawali perlelahian. Seharusnya dengan yang baik," pesannya.

Sementara kepada semua personil, ia mengajak secara bersama untuk menuntaskan tugas di akhir tahun dengan sebaik-baiknya dan dijadikan ibadah.

"Saat masyarakat beribadah diamankan, merayakan pergantian tahun juga kita amankan. Anggap sebagai ibadah dan dilakukan dengan tulus serta penuh tanggung jawab," ajaknya.

Ditegaskan juga, aparat harus melaksanakan tugas sampai masyarakat bubar dan kembali ke rumah masing-masing.

"Kita berharap pergantian tahun ini situasi negara Indonesia dan khususnya di Batam, diberikan Tuhan situasi yang aman dan kondusif, sehingga kita juga bisa merayakan bersama," tambah Helmy.

"Semua personil dimanapun ditugaskan, agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Sesama rekan harus tahu bertugas bersama siapa, dan apa yang harus dikerjakan serta bertanggung jawab pada siapa," pungkasnya.

Editor: Udin