Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Capello Gagal, Arsene Wenger Cocok Menggantikannya
Oleh : sn
Kamis | 06-10-2011 | 11:19 WIB

BATAM, batamtoday - Fabio Capello dianggap gagal melatih tim nasional Inggris. Usulan pun datang. Ada yang menyebut pelatih pribumi lebih baik, dan banyak kalangan menginginkan Arsene Wenger.

Bek veteran Liverpool Jamie Carragher menilai pelatih tim nasional Inggris, Fabio Capello, gagal menunaikan tugasnya. Jamie mengharapkan pelatih pribumi lebik baik daripada pelatih asal Italia tersebut.

Carragher mengatakan, Capello gagal mempersembahkan kesuksesan di pentas Piala Dunia 2010 lalu. Pasukan The Three Lions tersingkir di babak 16 besar, usai ditumbangkan Jerman 1-4.

Namun, Carragher tidak sepenuhnya melempar kesalahan pada Capello. Jika pelatih ternyata tidak mampu memberikan hasil positif pada tim, maka menurut bek 33 tahun tersebut, hal itu merupakan kesalahan federasi sepakbola negara yang bersangkutan.

“Jika pelatih Anda tidak cukup bagus, maka itu kesalahan negara Anda,” cetus Carragher seperti dilansir The Telegraph, Kamis (6/10/2011).

“Saya tidak bisa mengatakan, Piala Dunia di bawah kepelatihan Capello berjalan baik karena kenyataannya memang tidak. Tapi, memiliki pelatih asing seperti mengatakan: Baiklah, kiper kita tidak cukup bagus, jadi kita akan merekrut (Gianluigi) Buffon dari Italia atau mungkin siapa saja,” ujarnya.

Carragher mengakui bahwa Capello merupakan pelatih berpengalaman dan memiliki aura tersendiri. Namun, bek yang pensiun dari timnas usai Piala Dunia 2010 tersebut lebih memilih pelatih lokal, yang menangani klub Premier League.

“Saya rasa, Capello datang membawa apa yang telah dia lakukan di AC Milan dan Real Madrid, serta aura yang dia miliki. Tapi sungguh disayangkan karena Anda harus tetap bekerja untuk meraih hasil terbaik,” urai bek yang sepanjang kariernya hanya membela Liverpool ini.

Sementara itu, mantan pelatih tim nasional Inggris, Sven Goran Eriksson, menilai Arsene Wenger cocok melatih tim nasional Inggris menggantikan Fabio Capello.

Banyak pihak yang mendukung manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp, untuk menjadi suksesor Capello di timnas Inggris. Namun, Eriksson menilai sosok yang lebih tepat untuk menangani The Three Lions adalah manajer Arsenal, Arsene Wenger.

"Orang-orang membicarakan Harry Redknapp sebagai pilihan utama. Tapi, saya yakin jika FA bisa mendapatkan Wenger, maka mereka akan melakukannya. Saya yakin Anda tidak akan menganggap Wenger sebagai pelatih asing setelah lama di Inggris," ujar Eriksson seperti dilansir The Sun.

"Bagi saya, tidak masalah apakah dia dari Inggris atau bukan. Apa pun kebangsaannya, dia akan tetap mengalami masa sulit jika tidak mencapai babak semifinal. Mencapai perempat final saja tidak cukup," lanjutnya.

Jika terpilih sebagai pelatih timnas Inggris, Eriksson yakin Wenger bisa membawa St George Cross tampil cantik dan mengedepankan pemain-pemain muda. Sama seperti yang diterapkannya di Arsenal.

Eriksson sendiri tidak terlalu sukses menangani Inggris. Pelatih asal Swedia itu hanya mampu membawa Inggris melangkah hingga babak perempatfinal di tiga turnamen besar, Piala Dunia 2002, Piala Eropa 2004, dan Piala Dunia 2006.

"Ketika saya di sana, ada isu besar, karena saya pelatih asing pertama. Tapi, kemudian saya berpikir, mereka coba pelatih asal Inggris tapi tidak berhasil. Jadi, mereka beralih ke pelatih asing," papar Eriksson.

FA menganggap Eriksson pelatih yang cukup sukses. Sejak ditangani mantan pelatih Lazio itu, Inggris naik peringkat FIFA dari 17 ke peringkat 4. FA menganggap Eriksson sebagai pelatih terbaik kedua Inggris, di belakang Sir Alf Ramsey.