Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sering Minum Kopi Ganggu Pencernaan
Oleh : sn
Kamis | 06-10-2011 | 07:24 WIB

BATAM, batamtoday - Sering minum kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Karena itu, batasi minum kopi.

Kopi adalah minuman yang terdiri dari berbagai jenis bahan dan senyawa kimia termasuk lemak, karbohidrat, asam amino, asam nabati yang disebut dengan fenol, vitamin dan mineral.

Kopi diketahui merangsang lambung untuk memproduksi asam lambung sehingga menciptakan lingkungan yang lebih asam dan dapat mengiritasi lambung. Meski begitu ada dua unsur yang bisa mempengaruhi kesehatan perut dan lapisan lambung yaitu kafein dan asam chlorogenic.

Studi yang diterbitkan dalam Gastroenterology menemukan bahwa berbagai faktor seperti keasaman, kafein atau kandungan mineral lain dalam kopi bisa memicu tingginya asam lambung. Sehingga tidak ada komponen tunggal yang harus bertanggungjawab.

Ada dua jenis gangguan pencernaan yang lebih rentan dialami atau terkait dengan sering minum kopi, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (6/10/2011), yakni:

1). Gastritis (peradangan pada lapisan lambung) dengan gejala nyeri ulu hati, mual, nyeri perut serta mundah berdarah.
Keadaan ini disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori yang bisa melemahkan lapisan lambung sehingga asam lambung bisa lebih mudah mengiritasi. Orang yang sering minum kopi akan menjadi lebih rentan terinfeksi bakteri helicobacter pylori yang dengan sendirinya menyebabkan kerusakan jangka panjang pada lapisan lambung.

2). Tukak lambung (luka yang muncul di lapisan lambung). Kopi tidak secara langsung menyebabkan luka, namun kopi yang diminum bisa memperburuk luka yang ada atau memperlambat proses penyembuhannya karena lingkungan yang lebih asam, akibatnya akan merusak membran mukosa usus secara menyeluruh.