Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Molor, Hutama Karya Kebut Pembangunan Pelabuhan Domestik Punggur
Oleh : Hadli
Selasa | 27-12-2016 | 18:14 WIB
proyek-pelpung2.jpg Honda-Batam

Kontraktor berdalih karena ada tambahan pekerjaan, CCO (Contract Change Order) makanya proyek pembangunan gedung baru terminal penumpang Pelabuhan Domestik Telagapunggur, Batam, belum selesai-selesai sampai saat ini, (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proyek pembangunan gedung baru terminal penumpang Pelabuhan Domestik Telagapunggur, Batam, dikebut hingga Januari 2017. Sejatinya, masa pekerjaan proyek BP Batam ini berakhir Oktober 2016.

Proyek pembangunan gedung baru terminal penumpang Pelabuhan Domestik Telagapunggur, Batam, dikebut hingga Januari 2017, yang sejatinya Oktober 2016 lalu masa pekerjaan telah selesai.(Foto: Hadli)

"Seharusnya Oktober kemarin selesai. Tapi karena ada tambahan pekerjaan, CCO (Contract Change Order) makanya belum selesai-selesai sampai saat ini," kata Darwis, pengawas proyek, kepada media ini di Pelabuhan Telaga Punggur, Selasa (27/12/2016).

Pembangunan Pelabuhan Domestik Telaga Punggur ini menghabiskan biaya sebesar Rp64.498.088.000 dengan waktu pengerjaan selama 523 hari kalender, melalui tahun anggaran 2015-2016 (multiyears).

Perusahaan yang mendapat pekerjaan gedung tiga lantai tersebut adalah PT Hutama Karya (Persero). Sedangkan untuk kosultan pengawas yakni PT Yodya Karya (Persero).

Perusahaan yang mendapat pekerjaan gedung tiga lantai tersebut adalah PT Hutama Karya (Persero). Sedangkan untuk kosultan pengawas yakni PT Yodya Karya (Persero). (Foto: Hadli)

"Anggaran Rp64 miliar lebih. CCO-nya termasuk batu miring ini. Masih banyak lagi tambahannya," kata Darwis kembali.

Baca: Pembangunan Terminal Baru Pelabuhan Telaga Punggur Dimulai

Saat ini, kata dia, untuk pekerjaan gedung dalam tahap finishing dan pekerjaan life serta tangga escalator dari lantai dasar hingga lantai tiga. Pekerjaan yang tengah dilakukan adalah jembatan layang sebagai jalur kendaraan masuk (drop penumpang) dan keluar.

"Aspal (lantai dasar) tidak termasuk dalam anggaran pekerjaan. Mungkin ada tambahan lagi. Gedung lama nanti akan dibongkar habis," kata Darwis kembali.

Sebagaimana diketahui, Pelabuhan Terminal Penumpang Domestik Telaga Punggur memiliki luas bangunan sekitar 2.997 meter persegi yang akan dimanfaatkan untuk kawasan parkir inap, toko, dan perkantoran.

Pembangunan proyek Pelabuhan Domestik Telagapunggur, Punggur, Batam, itu menghabiskan biaya sebesar Rp64.498.088.000 dengan waktu pengerjaan selama 523 hari kalender, melalui tahun anggaran 2015-2016 (Foto: Hadli)

Sedangkan lantai dua memiliki luas 3.031 meter persegi, digunakan untuk areal keberangkatan, UPT Pelabuhan Laut dan kantor-kantor lainnya. Kemudian lantai tiga seluas 3.031 meter persegi digunakan untuk kawasan kedatangan calon penumpang dan kawasan penjualan tiket.

Editor: Udin