Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LIPI dan Kemendiknas Lakukan Ekspedisi ke Laut Natuna
Oleh : Batamtoday
Rabu | 03-11-2010 | 08:47 WIB

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional melakukan ekspedisi ke laut Natuna, Kepulauan Riau. Tim ekspedisi tersebut akan meneliti keanekaragaman hayati (biodeversity) laut Natuna seperti berbagai jenis ikan, kerang (moluska), padang lamun, mangrove dan lain-lain.

Menurut Deputi Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) LIPI Hery Harjono, Rabu (3/11/2010), mengatakan ekspedisi gabungan itu diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian untuk kepentingan pemerintah pusat dan daerah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mengeluarkan 25 tulisan ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ilmiah baik yang berskala nasional maupun internasional," kata Hery di Jakarta.

Hery mengungkapkan, ada 15 aspek atau bidang yang akan diteliti dalam ekspedisi tersebut. Mulai dari biodiversity laut seperti karang, ikan, mangrove, lamun, moluska, crustacea dan echinodermata. Lalu, dinamika laut seperti pola arus, kimia dan bathymetry laut hingga aspek sosial ekonomi di wilayah perbatasan antara Natuna dengan Malaysia. 

Tim ekspedisi tersebut merupakan gabungan dari peneliti LIPI dan dosen-dosen perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tim yang dipimpin oleh Direktur DP2M Kemendiknas Suryo Hapsoro Tri Utomo itu beranggotakan 60 peneliti, terdiri dari 24 dosen perguruan tinggi negeri dan swasta, 24 peneliti LIPI dan 12 teknisi senior Pusat Oseanografi LIPI.

"Ini ekspedisi gabungan yang kedua antara LIPI dengan dosen-dosen perguruan tinggi yang difasilitasi Kementerian Pendidikan Nasional. Pada ekspedisi kedua ini, selain kita Natuna, juga ke perairan laut Kalimantan Selatan," kata Suryo.
 
Menurut Suryo, perguruan tinggi negeri yang berpartisipasi antara lain IPB, Universitas Hasanuddin, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Diponegoro, Universitas Syah Kuala, Universitas Menado, Universitas Lampung, Universitas Riau, Universitas Gajah Mada, Universitas Tanjung Pura, Universitas Mulawarman dan Universitas Mataram.

"Jadi akan ada dua ekspedisi yaitu ekspedisi perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia atau Laut Natuna pada 4-16 November dan ekspedisi perairan Kalimantan Selatan pada 19 November hingga 1 Desember," ujar Suryo.