Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerbangan Langsung dari China-Tanjungpinang Bisa Tingkatkan Pariwisata Kepri
Oleh : Irawan
Kamis | 22-12-2016 | 15:28 WIB
Haripinto4.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja, Senator asal Provinsi Kepuluan Riau.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator Haripinto Tanuwidjaja mengatakan, penerbangan langsung (direct flight) dari China-Tanjungpinang akan meningkatkan sektor pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

 

"Penerbangan langsung dari China ke Tanjungpinang dalam meningkatkan pariwisata, saya dukung. Kalau perlu ditambah lagi penerbangan dan maskapainya, tidaknya hanya Citylink, tapi maskapai lain seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion Air," kata Haripinto di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Menurutnya, sektor pariwisata di Kepri kurang maju karena tidak adanya penerbangan langsung dari luar negeri. Penerbangan langsung yang ada, katanya, kebanyakan ke Singapura dan Malaysia sehingga sektor pariwisatanya maju dan banyak wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut.

"Penerbangan langsung dari China ke Tanjungpinang itu, bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Sektor pariwisata bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Haripinto mengatakan, penerbangan dari China ke Indonesia, baru ke Jakarta dan Tanjungpinang. Ia berharap agar wilayah lain juga membuka jalur penerbangan serupa, karena potensi turis China yang melancong ke luar negeri, termasuk Indonesia sangat banyak.

"Saya kira negara lain dengan enam jam penerbangan, juga perlu dibuka direct flight seperti India, Jepang, Korea, negara-negara Arab. Tiongkok (China) itu, 100 juta penduduknya ke luar neger, jepang 70 juta, belum lagi India. Selama ini wisatawan yang ditarik baru sekitar 100 ribuan, mudah-mudahan dengan adanya direct flight ini jumlah turisnya akan meningkat," katanya.

Anggota DPD RI menambahkan, satu-satunya penerbangan langsung ke luar negeri dari Kepri, baru satu penerbangan, yakni ke Malaysia dari Bandara Hang Nadim, Batam. Dengan adanya rute baru, China-Tanjungpinang diharapkan bisa memajukan pariwisata di Kepri dan mengejar ketertinggalan dari Malaysia dan Singapura.

"Dengan adanya direct flight ini yang melalui perijinan dari kementerian perhubungan ini, harus membuka jalan bagi peningkatkan pariwisata di Kepri. Sehingga diharapkan Pemprov, Pemko mendukung penuh. Kalau DPD RI sudah jelas sikapnya, kita dukung," katanya.

Editor: Surya