Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Cabai Turun, Pedagang Pasar Puan Maimun Bernafas Lega‎
Oleh : Nursali
Rabu | 21-12-2016 | 14:50 WIB
oedagang-Pasar-Puan-Maiimun-Karimun.gif Honda-Batam

Para pedagang Pasar Puan Maimun, Nanang, saat melayani konsumen (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Para pedagang Pasar Puan Maimun, kali ini dapat bernafas lega. Pasalnya beberapa komoditi bumbu dapur mengalami penurunan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Salah satu pedagang tradisional tersebut, Nanang mengatakan, beberapa komoditi bumbu dapur seperti cabai merah saat ini dibanderol seharga Rp68 ribu per kilogramnya, di mana sebelumnya harga komoditi ini tembus diangka Rp72 ribu per kilogram.

"Alhamdulillah sudah bisa bernafas lega la Bang. Cabai sudah mulai turun. Kami pun senang jualnya," kata Nanang, salah satu pedagang Pasar Puan Maimun. Rabu (21/12/2016).

Ia mengaku bingung dengan penurunan harga pada tahun ini. Sebab katanya, untuk komoditi yang sama di beberapa agen telah kehabisan stok, namun harga komoditi tersebut justru mengalami penurunan.

"Nggak tau saya Bang, kenapa bisa begini. Kalau tahun lalu, justru mendekati hari raya, natal dan tahun baru semua barang justru naik. Tahun ini agak beda sedikit," katanya lagi.

Di tempat yang sama, pedagang bumbu saji, Yeni, mengaku penjualannya pada tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya. Pada tahun lalu dalam perayaan yang sama, penjualannya justru mengalami peningkatan.

"Tahun ini nggak banyak yang beli bumbu jadi, nggak tau kenapa. Kalau tahun semalam, biasanya tanggal segini ni Abang nggak dapat lewat, pasar ni penuh dengan orang semua," kata Yeni.

Penurunan harga juga turut serta dialami oleh komoditi sayur-sayuran. Meskipun penurunannya tidak terlalu signifikan, namun dapat dirasakan langsung oleh pedagang dan pembeli pasar tersebut.

"Kalau sayur-sayuran ada yang turun seribu ada yang dua ribu," timpal Nanang‎.

Mereka berharap penurunan ini akan terus berlangsung hingga akhir Januari 2017 mendatang.

Editor: Udin