Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Rahasia Chelsea Menang 11 Kali Berturut-turut
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-12-2016 | 08:50 WIB
antonio conte.jpg Honda-Batam

Pelatih Chelsea Antonio Conte. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, London - Antonio Conte tak bisa menyembunyikan kegembiraan setelah Chelsea mengalahkan Crystal Palace 1-0, kemenangan ke-11 berturut-turut Chelsea di Liga Primer.

Kemenangan 1-0 di kandang Crystal Palace pada Sabtu (17/12) adalah kemenangan Chelsea yang ke-11 kalinya berturut-turut di Liga Primer. Dalam sejarah klub, tidak ada manajer yang bisa mencatat prestasi hebat seperti ini.

Bahkan, Jose Mourinho (yang dianggap sebagai manajer Chelsea paling sukses) tidak bisa mencatat 11 kemenangan berturut-turut.

Conte mengungkapkan rahasia di balik penampilan fenomenal timnya di Liga Primer adalah kekalahan yang didapat dari Liverpool dan Arsenal.

Sebelum dua kekalahan ini, Conte sebenarnya "sudah mengendus hal yang tak beres" di tim Chelsea. Namun ketika itu, Chelsea meraih 10 poin dari 12 poin maksimal yang bisa didapat.

Manajer dan para pemain biasanya enggan mengubah formula the winning team, karena kalau memang suatu tim meraih banyak poin, untuk apa diubah?

Kekalahan dari Liverpool dan Arsenal membuat Conte makin mantap untuk menerapkan “reformasi radikal” di tim Chelsea dengan memperkenalkan formasi 3-4-3.

"Saya tahu, ketika menghadapi Liverpool formasi tim sama sekali tidak memuaskan juga ketika melawan Arsenal. Kami harus membayar mahal (atas kelemahan ini). Makanya saya putuskan untuk membuat perubahan. Saya tak suka dengan kekalahan yang kami catat dari Liverpool dan Arsenal," kata Conte kepada para wartawan.

"Kekalahan ini mengubah saya, mengubah tim, dan mengubah klub," tambahnya.

Formasi baru 3-4-3 diperkenalkan saat latihan dan semua pemain harus secara cepat dan intensif mengadopsi pola tersebut. Untungnya, kata Conte, saat pola baru diterapkan jadwal Chelsea tak terlalu sibuk, sehingga para pemain leluasa mengadopsi dan menghapal formasi ini.

Antonio Conte menerapkan perubahan dengan hanya memasang tiga pemain poros halang di barisan belakang. Tes pertama formasi baru adalah pertandingan melawan Hull dan Leicester City. Keduanya bisa dimenangkan dan Chelsea juga tidak kebobolan.

Tiga bulan kemudian Chelsea terus mencatat kemenangan dan jarang sekali kebobolan, fakta yang juga membuat Chelsea berada di puncak klasemen Liga Primer, unggul tujuh poin atas pesaing terdekat mereka, Manchester City.

Conte mengatakan tak mudah mengenalkan formasi 3-4-3, yang mengharuskan tim hanya memakai tiga poros halang. Salah satu sebabnya adalah Chelsea sudah sangat terbiasa dengan formasi empat pemain belakang.

"Melakukan perubahan total itu tidak mudah, makanya saya menunggu momen yang tepat. Kekalahan dari Liverpool dan Arsenal adalah saat yang tepat untuk berubah," ungkapnya.

"Kini kami mencatat 11 kali menang, sembilan di antaranya kami tidak kebobolan," kata Conte.

Lawan yang akan dihadapi Chelsea adalah Bournemouth yang digelar sehari setelah Hari Natal. Sekitar setahun lalu, Bournemouth mencatat kemenangan di Stamford Bridge, yang ikut menjadi faktor pendukung pemecatan Mourinho.

"Kami mencoba melupakan apa yang terjadi musim lalu," kata pemain tengah Nemanja Matic. "Yang penting sekarang adalah saat ini dan masa yang akan datang kami sekarang punya rasa percaya diri yang tinggi," kata Matic.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani