Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2017

Polresta Barelang Ungkap 16 Kasus Curas, Curat dan Curanmor
Oleh : Romi Candra
Senin | 19-12-2016 | 08:24 WIB
ekspospolresta1.jpg Honda-Batam

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, saat ekspose operasi cipta kondisi kurang lebih satu bulan untuk menjaga Batam tetap kondusif. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terhitung sejak tanggal 1 Desember hingga 18 Desember 2016, Polresta Barelang bersama Polsek-polsek jajarannya berhasil mengungkap sebanyak 16 kasus 3C (Curat, Curas dan Curanmor).

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, saat ekspose mengatakan, pengungkapan tersebut merupakan upaya dalam operasi cipta kondisi kurang lebih satu bulan untuk menjaga Batam tetap kondusif.

"Khususnya menjelang liburan serta perayaan natal dan tahun baru, kita lebih meningkatkan upaya agar Batam tetap kondusif," ungkap Helmy, Minggu (18/12/2016).

Dilanjutkan Helmy, dari pengungkapan tersebut, pihaknya juga berhasil membekuk sebanyak 27 tersangka. Beberapa diantaranya terpaksa dihadiahi timah panas karena mencoba melawan petugas.

"Pelaku yang ditangkap bervariatif. Ada yang ditangkap karena pencurian dengan kekerasan seperti jambret, dan pencurian dengan pemberatan (curat) seperti pembobol rumah atau pencuri kemdaraan bermotor (curanmor). Serta, juga ada kasus pembunhan di Hotel Istana Batam yang pelakunya mencuri barang milik korban," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 18 unit sepeda motor dan satu mobil. Begitu juga dengan barang bukti lainnya hasil menjambret serta alat-alat yang digunakan untuk mencuri, seperti kunci T dan lainnya.

"Ini bentuk tanggungjawab kami menjaga kondusifitas Batam. Diharapkan sampai pergantian tahun situasi bisa terus terjaga," pungkasnya.

Editor: Dardani