Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Belum Beruntung Juarai Piala AFF 2016, kalah Agregat 3-2 dari Thailand
Oleh : Redaksi
Minggu | 18-12-2016 | 08:00 WIB
Timnas1.jpg Honda-Batam

Timnas Indonesia di Piala Suzuki AFF 2016

BATAMTODAY.COM, Bangkok - Indonesia kembali belum beruntung menjurai Piala AFF 2016, setelah kalah 2-0 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam pada leg II. Timnas Indonesia kalah agregat 3-2 atas Thailand, setelah sebelumnya menang 2-1 di Stadion Pekansari, Bogor pada leg I.

Stadion Rajamangala bergemuruh pada menit 37, setelah gol tidak sengaja Siroch Chatthong membobol gawang Kurnia Meiga. Gol ini berawal dari umpan crossing dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Bola coba dihalau Fachrudin yang justru mengenai Siroch Chattong dan bola bergulir masuk ke gawang Indonesia. Indonesia tertinggal 1-0.

Thailand langsung menggandakan keunggulan kala babak kedua baru berjalan dua menit. Siroch Chattong yang memberi keunggulan tuan rumah di babak pertama, kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Umpan Chanathip Songkrasin yang melewati kedua kaki Lilipaly diterima Chatthong dalam posisi tak terkawal. Pemain Thailand berbadan besar itu kemudian mengontrol bola untuk melepaskan sepakan placing yang gagal dijangkau Meiga. 2-0 Thailand unggul, aggregat 3-2.

Meski sudah unggul 2-0, Thailand tidak mengendorkan serangan. Sepakan Teerasil masih mampu diblok Kurnia Meiga, tetapi Thailand masih menekan dengan gencar.

Dangda hampir saja membuat mencetak gol pada menit ke-70. Berhadapan satu lawan satu usai menerima umpan Theerathon Bunmathan, tetapi Kurnia Meiga sigap menghalau serangan.

Sepuluh menit sebelum laga bubar, Siroch Chatthong hampir saja mencetak hattrick. Berhadapan satu lawan satu dengan Kurnia Meiga Hermansyah. Sang kiper terpaksa menjatuhkan penyerang bertubuh besar dan memberikan penalti bagi Thailand. Kartu kuning juga dilayangkan wasit kepada Meiga. Namun Meiga dengan taktis menggagalkan penalti Dangda.

Di menit-menit akhir laga, Indonesia mencoba menekan Thailand, namun pertahanan tuan rumah sangat solid. Indonesia mendapat peluang satu menit jelang laga berakhir. Kemelut di kotak penalti dituntaskan Ferdinand Sinaga dengan tendangan salto yang arahnya jauh melambung. Padahal Boaz dalam posisi yang idel untuk menendang bola tersebut.

Hingga laga berakhir, keunggulan 2-0 bagi Thailand tidak berubah. Tim Gajah Perang pun berhak atas gelar juara Piala AFF 2016 sekaligus mempertahankan gelar yang diraih dua tahun lalu.

Sementara bagi Indonesia ini merupakan kegagalan kelima di final Piala AFF. Lima kali lolos ke final, selalu gagal berbuah gelar juara.

Editor: Surya