Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akhirnya, Timnas Melaju ke Final Piala AFF
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-12-2016 | 08:12 WIB
timnaslolosfinal.jpg Honda-Batam

Skuad Timnas Indonesia meluapkan kegembiraan mereka setelah berhasil maju ke final Piala AFF setelah secara agregat menyingkirkan Vietnam 4-3. (Foto: Getty)

 

BATAMTODAY.COM, Hanoi - Tim nasional Indonesia akhirnya maju ke babak final turnamen sepak bola Piala AFF 2016 setelah di laga kedua babak semifinal bermain imbang 2-2 melawan Vietnam.

 

Di pertandingan pertama, tim Indonesia menang 2-1, membuat agregat kedua tim menjadi 4-3 untuk Indonesia.

Di laga kedua di Hanoi, pada Rabu (07/12) malam, timnas Indonesia unggul terlebih dulu melalui gol Stefano Lilipaly pada menit ke-54.

Vietnam secara umum sebenarnya lebih menguasai jalannya pertandingan, namun hilangnya konsentrasi para pemain membuat Indonesia bisa mencetak gol, sekaligus membuat agregat menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Pada menit ke-77 timnas Vietnam kehilangan pemain setelah wasit mengeluarkan kartu merah untuk penjaga gawang Tran Nguyen Manh.

Bermain dengan sepuluh pemain tak mengendurkan tekanan Vietnam dan pada menit ke-83, Vietnam mencetak gol melalui Vu Van Tanh. Hingga menit ini Indonesia masih unggul 3-2 secara agregat.

Tapi menjelang babak kedua berakhir, secara dramatis pemain pengganti Vietnam Vu Minh Tuan membobol gawang Indonesia, membuat agregat sekarang menjadi 3-3. Pertandingan pun dilanjutkan ke laga 2x15 menit.

Di babak perpanjangan waktu ini Indonesia kembali mencetak gol, melalui tendangan penalti Manahati Lestusen, yang dieksekusi setelah pelanggaran yang dilakukan kiper Vietnam di jantung pertahanan sendiri.

Agregat menjadi 4-3 untuk Indonesia yang bertahan hingga laga berakhir.

Timnas Indonesia sudah beberapa kali masuk ke babak final Piala AFF -yang terakhir pada 2010- namun belum sekali pun menjadi juara.

Di babak final kali ini timnas Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Thailand-Myanmar. Laga partai puncak digelar dua kali, yang pertama pada 14 Desember dan yang kedua pada 17 Desember.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani