Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Kue Ultah Pecahkan Rekor Dunia, Berhias 72 Ribu Lilin
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-12-2016 | 11:02 WIB
ulang-tahun1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Lilin mungil batangan biasanya dipasang dan dinyalakan di atas kue sejumlah usia si orang yang berulang tahun. Ada pula lilin ulang tahun berbentuk angka untuk mengantisipasi terlalu banyak lilin batangan yang dipasang di atas kue.

 

Tapi lilin angka tak berlaku bagi Ashrita Furman. Perempuan asal New York ini memegang rekor Guinness World Records setelah "meniup" puluhan ribu batang lilin di atas kue. Dia memang ingin memecahkan rekor dunia untuk kategori kue ulang tahun dengan lilin terbanyak.

Mengutip CNET, untuk merayakan ulang tahun pemimpin spiritualnya, Sri Chinmoy, ke-85, Furman memasang lilin ulang tahun dalam jumlah sangat banyak.

Demi memecahkan rekor dunia ini, sebagaimana dikabarkan laman Guinness, pada Senin lalu, Furman dibantu 100 orang. Mereka beramai-ramai membuat sponge cake berisi mousse vanila. Untuk menampung lilin yang sangat banyak itu, kue pun dibuat dengan ukuran luar biasa besar 24 meter.

Kue 24 meter ini dipasangi 72.585 lilin ulang tahun yang sudah dinyalakan. Lilin tersebut harus bisa bertahan setidaknya selama 40 detik untuk bisa memecahkan rekor.

"Ada terlalu banyak lilin untuk ditiup dengan cara tradisional. Jadi lilin ini dimatikan dengan menggunakan pemadam api CO2 untuk memastikan bahwa kuenya masih bisa dimakan setelah nyala lilin dipadamkan," demikian keterangan di laman tersebut.

"Sisa lilinnya kemudian dikerok dan tamu yang hadir bisa menikmati kue tersebut."

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha