Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alfred Riedl Ogah Pikirkan Drama Adu Penalti
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-12-2016 | 18:50 WIB
timnasdanreidelbyantara.jpg Honda-Batam

Alfred Riedl tidak yakin leg kedua semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam akan berakhir dengan drama adu penalti. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

 

BATAMTODAY.COM, Hanoi - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, yakin leg kedua semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12), tidak akan berakhir dengan adu penalti.

 

Kemenangan 2-1 atas Vietnam di leg pertama semifinal belum tentu aman bagi Indonesia. Vietnam bisa memastikan langkah ke babak final dengan kemenangan 1-0 atas Indonesia di leg kedua.

Jika Indonesia mampu mencetak gol pada leg kedua di Stadion My Dinh, Vietnam harus bisa meraih kemenangan lebih dari satu gol atas tim Merah Putih.

Skenario lainnya adalah, jika laga berakhir 2-1 untuk keunggulan Vietnam sepanjang 120 menit, maka adu penalti akan dilakukan untuk menentukan pemenang.

Namun, Riedl mengaku alergi memikirkan kemungkinan adu penalti pada leg kedua. Bagi pelatih asal Austria itu, adu penalti bukanlah pilihan.

"Saya tidak berpikir adanya penalti. Apakah latihan adu penalti memang jadi rencana tim-tim lain? Apa jaminannya akan terjadi adu penalti?" kata Riedl kepada CNNIndonesia.com usai konferensi pers di Hotel Crowne Plaza West, Hanoi, Selasa (6/12).

Riedl mengatakan latihan adu penalti bukan jaminan sebuah tim bisa meraih sukses kemenangan lewat drama adu penalti.

"Ini bukan soal Anda melatih adu penalti hingga pemain bisa melakukannya secara jitu. Ada perbedaan antara latihan dan pertandingan sebenarnya," ujar Riedl.

"Di pertandingan sebenarnya ada situasi bahwa Anda ada dalam tekanan penonton di belakang gawang. Hal ini tidak terjadi di latihan. Bagi saya, ini adalah masalah mental," sambung pelatih 67 tahun tersebut.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani