Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima Interpelasi DPRD Kepri, Nurdin akan Jawab Secara Tertulis
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 02-12-2016 | 19:14 WIB
Nurdin-Basirun.gif Honda-Batam

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: do.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan, pertanyaan interpelasi DPRD terhadap dirinya atas pengangkatan pejabat eselon IV, III dan II, akan dijawab secara tertulis, sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. 

"Bagi saya tidak ada persoalan. Inilah komunikasi DPRD dan pemerintah, dan kita menghormati hak interpelasi DPRD, karena DPRD merupakan perwakilan dari rakyat dalam melakukan pengawasan pembangunan di Kepri," ujar Nurdin usai melaksanakan doa dan dzikir dan istighosah di Masjid Nur Illahi Dompak, Jumat (2/12/2016).

Nurdin juga mengatakan, DPRD sebagai legislatif juga merupakan ‎bagian dari pemerintah, sehingga perlu terbangun komunikasi yang bagus dalam pengawasan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

"Pertanyaan yang sudah dilayangkan akan kami jawab secara tertulis, sesuai dengan mekanisme yang ada, karena saya rasa dalam hal ini juga tidak ada unsur politik," ujarnya.

Disinggung mengenai jumlah dan tentang apa saja pertanyaan Dewan dalam hak interpelasinya, Nurdin mengatakan belum mempelajari secara detail. Namun demikian dirinya akan hadir dan datang atas panggilan hak interplasi DPRD untuk memberikan jawaban secara tertulis, sebagaimana yang diminta DPRD Kepri.

"‎Saya tidak mempermasalahkan dan saya merasa bersyukur atas masukan dan pengawasan dari DPRD, sehingga pelaksanaan kebijakan di daerah berjalan dengan bagus," ujarnya.

Sebelumnya, DPRD Kepri "berang" karena tidak diundang dan pemerintah tidak memenuhi panggilan Rapat Koordinasi DPRD Kepri, atas perlantikan dan pengangkatan pejabat eselon IV, III dan II yang dilakukan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan Sekda Kepri, TS. Arif Fadillah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

Pengangkatan sejumlah pejabat yang terindikasi KKN dan terdiri dari kolega Gubernur dan Sekda Kepri TS.Arif Fadillah ini, semakin terbongkar, setelah sebelumnya sejumlah pejabat Karimun dilantik dan diangkat menjadi Plt. Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

Selain kolega dan pejabat Kabupaten Karimun di jajaran eselon IV, Nurdin juga melantik dan mengangkat istri Arif Fadillah, Rismarini AMKeb,SSos, MM yang sebelumnya sebagai staf, diangkat menjadi Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri dengan pangkat Golongan IIIA.

Demikian juga istri Kepala Dinas Sosial Doli Boniara, Nelly Huzrinhood, yang sebelumnya staf, diangkat menjadi eselon IV dengan jabatan, Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Provinsi Kepri.

Hal yang sama juga terjadi pada istri anggota DPRD Kepri, yang sebelumnya staf, diangkat menjadi pejabat eselon IVA, dengan jabatan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawiaan Sekretariat pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Provinsi Kepri.

Editor: Udin