Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kisah Raden, Bersepeda Keliling Indonesia Jaga Alam Nusantara
Oleh : Nursali
Jum'at | 02-12-2016 | 13:26 WIB
Pesepeda-Karimun1.jpg Honda-Batam

Raden Andik Jaya Prawira, bersepeda keliling Indonesia menyerukan kepada masyarakat untuk menjaga alam nusantara. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Raden Andik Jaya Prawira, pria gaek yang sudah memasuki usia 73 tahun ini berkeliling Indonesia hanya menggunakan sepeda untuk menyerukan kepada seluruh masyarakat agar menjaga hutan.

 

Menurutnya, kondisi hutan di Indonesia saat sekarang ini sangat mengkhawatirkan. Sehingga gelar Indonesia sebagai paru-paru dunia kini hanya tinggal isapan jempol semata.

"Atas kondisi seperti itulah saya memutuskan untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat melalui pemerintah daerah masing-masing untuk menjaga dan melestarikan hutan kita," kata Andik di Coastal Area, Jumat (2/12/2016).

Alasan menggunakan sepeda dalam mensosialisasikan hal ini baginya ialah cara yang paling baik untuk lingkungan dan dirinya sendiri. Selain ramah akan lingkungan, bersepeda katanya olahraga yang paling baik setelah berenang.

"Selain itu, dengan bersepeda saya dapat mengamati seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia," katanya lagi.

Terbukti, dengan menggunakan sepeda dirinya telah mengarungi 25 Provinsi dan 310 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Dengan membawa misi yang sama, dirinya selalu menyerukan jaga hutan.

"Jaga hutan, jaga hutan, jaga hutan dan jaga hutan, itulah yang saya sampaikan kepada seluruh Gubernur dan Bupati se Indonesia demi kelangsungan anak cucu kita," pungkasnya.

Editor: Yudha