Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Akibat Korsleting Listrik

Rumah Milik Kemenag Tanjungpinang Nyaris Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 01-12-2016 | 14:14 WIB
kamar-terbakar-ok.gif Honda-Batam

Seorang warga sedang menunjuk jendela kamar yang ‎mengeluarkan asap hitam, rumah yayas‎an nomor 16 Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang yang dihuni oleh Abdul Haini (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rumah nomor 16 Jalan Menteng, RT IV RW XII Kelurahan Tanjungyun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, ‎mengeluarkan asap hitam dari jendela yang terdapat di dalam kamar rumah tersebut, Kamis (1/12/2016) pukul 09.30 WIB pagi tadi.

Kebakaran yang menimpa rumah milik Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, yang dihuni oleh Abdul Haini, itu diduga akibat korsleting aliran listrik yang terdapat pada kipas angin.

Pantauan di lapangan, kebakaran itu berasal dari dalam kamar depan dan terlihat kamar itu masih dalam keadaan utuh. Namun beberapa barang habis dilalap api dan keadaan rumah itu nyaris terbakar.

Salah satu saksi yang melihat kejadian, Ida, yang rumahnya bersebelahan dengan rumah tersebut, mengatakan,  awalnya dirinya mengetahui rumah itu terbakar ketika dirinya lagi mengajar di sekolah dan ia diberi tahu oleh tetangga yang terdapat di depan rumahnya.

"Saya waktu ngajar diberitahu bahwa rumah kakek itu kebakar dan mengeluarkan asap dari dalam kamar depan," ujar Ida.

Ida menjelaskan, kakek itu sudah lama tinggal sendiri di rumah dan diketahui bahwa kamar yang kebakar itu tidak ada penghuni, sedangkan sang kakek berada di kamar sebelahnya.

"Setahu saya kamar itu kosong karena kakek itu tinggal di kamar sebelah atau kamar satu lagi," katanya

Selain itu, saksi Sri, yang juga merupakan tetangga kakek tersebut, mengaku ‎mengetahui asap tebal keluar dari dalam kamar depan dan pada saat itu kakek itu berada di kamar yang satu lagi.

"Ya, kejadiannya tadi waktu hujan lebat-lebat. Keluar asap dari jendela kamar, dan setahu saya kakek yang tinggal di rumah itu sekitar umur 60-an," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang, ‎Agus Setiawarman, membenarkan kejadian tersebut dan ketika mendapat informasi itu, pihaknya langsung ke tempat kejadian untuk melakukan pemadaman.

"Anggota saya turun langsung untuk melakukan pemadaman dengan dua unit mobil pemadam kebakaran," katanya

Menurutnya, kebakaran itu berasal dari korsleting listrik yang terdapat pada kipas angin yang tergantung di dalam kamar.

"Rumah itu cuma kebakaran kecil saja dan cuma kamarnya saja. Kebakaran itu berasal dari kipas angin yan‎g tergantung di dalam kamar itu," pungkasnya.

Editor: Udin