Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pameran Lukisan di New York, Bob Dylan Dituduh Plagiat
Oleh : Dodo
Jum'at | 30-09-2011 | 14:17 WIB
bobdylan_6.jpg Honda-Batam

Bob Dylan. (Foto: Clashmusic)

NEW YORK, batamtoday - Sekumpulan lukisan dan gambar yang ditorehkan oleh legenda hidup dunia musik, Bob Dylan, saat melakukan perjalanan ke Asia pada 2009 hingga 2010 telah dipamerkan sejak 20 September lalu di Manhattan, New York dengan ekisibisi bertajuk The Asia Series. Ini adalah kali pertama lukisan Dylan dipamerkan di New York.

Namun, karena eksibisinya di Gagosian Gallery tersebut, Dylan telah dituduh plagiat oleh para penggiat seni, seperti dikutip dari Rolling Stone, Jumat (30/9/2011).

Beberapa dari total delapan belas lukisan yang dipamerkan menampilkan gambar-gambar yang dikopi secara rinci dari foto yang diambil dari nama-nama seperti Henri Cartier-Bresson, Dmitri Kessel, dan Leon Busy.

The Guardian melaporkan bahwa sebuah forum di ExpectingRain.com menyatakan bahwa salah satu lukisan Dylan yang berjudul “Opium” memiliki persamaan yang mencolok dengan hasil jepretan Leon Busy pada 1915 dengan judul “Indochine”.

Seorang penggemar bernama Okinawa Soba menyatakan bahwa enam dari delapan belas lukisan Dylan dikopi dari akun Flickr-nya. Bahkan, Dylan juga dengan jeli mengopi bagian-bagian yang telah diedit dengan Photoshop.

The Asia Series akan dipamerkan selama lebih dari satu bulan hingga 22 Oktober mendatang. Dalam deskripsi yang disediakan galeri, The Asia Series merupakan refleksi visual dari perjalan Dylan di Jepang, Cina, Vietnam, dan Korea dengan penggambaran langsung manusia, jalanan, adegan, arsitektur, dan pemandangan, namun terdapat beberapa lukisan yang memiliki makna tersirat soal kepribadian dan situasi.

Beberapa judul lukisan Dylan yang akan dipamerkan dan mewakili tema penggambaran langsung adalah “Mae Ling”, “Cockfight”, “The Bridge”, dan “Hunan Province”. Sementara untuk lukisan dengan makna tersembunyi terdapat “Big Brother”, “Opium”, dan “LeBelle Cascade”.

Sebelumnya, Dylan pernah mengadakan pameran lukisan di Chemnitz, Jerman pada 2007 dengan tajuk The Drawn Blank Series dan pada 2008 di Statens Museum, Kopenhagen, Denmark dengan tajuk Brazil Series.