Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Lobi Antam Hibahkan Lahan Pembangunan Gedung Pintar
Oleh : Ismail
Senin | 28-11-2016 | 17:38 WIB
Kepala-Dinas-Pekerjaan-Umum-(PU),-Juni-Rianto.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Juni Rianto (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Untuk merealisasikan pembangunan "Gedung Pintar" di atas lahan PT Antam kawasan Taman Kota Kijang 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bintan sudah melakukan pendekatan ke pihak Antam, agar bisa menghibahkan lahan tersebut.

Namun, hingga kini belum ada keputusan pasti mengenai penghibahan lahan antam untuk pembangunan yang dilakukan Pemkab.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Juni Rianto mengakui, pihaknya sudah melakukan "loby" kepada PT Antam di Jakarta beberapa waktu lalu. Tapi, pihak Antam belum bisa memberikan izin pembangunan gedung tersebut di atas lahan mereka.

"Mereka tidak bisa melepas begitu saja (lahan-red). Karena, terbentur beberapa aturan Kementerian PU tentang penghibahan aset," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya di kawasan Bintan Buyu, Senin (28/11/2016).

Meski begitu, lanjut Juni, pihak PT Antam bersedia membantu Pemkab Bintan meminta lahan itu ke pihak Kementerian PU. Untuk itu, dibentuklah tim antara Pemkab Bintan yang diketuai Plt Sekda, bekerja sama dengan pihak Antam untuk melakukan presentasi ke Biro Hukum Kementerian PU tentang rencana pembangunan "Gedung Pintar" di Kijang.

Dalam presentasi itu nanti, diterangkan manfaat pembangunan tersebut bagi masyarakat. Agar, Kementerian PU bisa memberikan hibah lahannya ke Pemkab Bintan.

"Insya Allah dalam pekan ini akan dilakukan presentasi di sana (Kementrian PU, Jakarta). Di situ, kami mengajukan hibah lahan Antam kepada Pemkab demi pembangunan," imbuhnya.

Jika Kementerian PU tidak memberikan hibah lahan, tambah Juni, pihak Pemkab Bintan sudah menyiapkan alternatif lain. Yakni, pembangunan gedung tersebut dialihkan ke kawasan lain. Anggran pembebasan lahan tersebut, sebut Juni, juga sudah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Bintan 2017.

"Yang pasti, Bupati meminta pembangunan Gedung Pintar ini bisa direalisasikan tahun 2017 mendatang," kata Juni.

Sebelumnya, Bupati Bintan, Apri Sujadi berjanji akan membangun fasilitas taman bacaan dengan konsep "Gedung Pintar" di kawasan Taman Kota Kijang. Pembangunan fasilitas tersebut, menurutnya sangat penting. Demi meningkatkan minat baca generasi muda dan menciptakan generasi yang berkualitas.

"Kita konsepkan Gedung Pintar nantinya, bisa menyalurkan minat baca generasi muda di Bintan," ujar Apri, beberapa waktu lalu.

Editor: Udin