Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi Empat Pilar, Haripinto Ajak Mahasiswa Harus Cerdik
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 28-11-2016 | 08:12 WIB
sisialisasi4pilar.jpg Honda-Batam

Haripinto saat melakukan sosialisasi empat pilar di Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sosialisasi 4 pilar kebangsaan terus dilakukan wakil rakyat. Tidak terkecuali anggota DPD/MPR RI asal Provinsi Kepri, Haripinto Tanuwidjaja.

Kali ini, anggota MPR RI ini melakukan sosialisasi di hadapan ratusan mahasiswa, di kampung GICI Lubukbaja, Sabtu (26/11/2016) pukul 19.00 Wib. Dalam kata sambutannya pria berkacamata mangatakan mahasiswa harus memahami dan mengerti 4 Pilar kebangsaan.

"Pancasila sebagai dasar/ideologi negara, UUD 1945 seagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu bangsa," kata Haripino menjelaskan 4 pilar di hadapan mahasiswa.

Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memahami satu sama lain. Indonesia bermacam-macam suku dan agama. Harus mencermati dengan rasional, berharapkan banyaknya suku dan beragama, tidak merapuhkan kebangsaan.

Ancaman-ancaman saat ini sangat sering terjadi di Indonesia, dari media sosial, masyarakat luas tanpa terkecuali mahasiswa langsung mengetahui.

"Yang hangat saat ini penustaan agama. Mahasiswa harus mencermati dengan rasional, kami berharapkan didalami suku dan beragama, tidak memecah belah kedaulatan negara," tegasnya.

Ia berharap mahasiswa harus cerdas dalam menyikapi berita-berita yang bereda di fecebook maupun media sosial lainya. Tidak bisa dipungkiri saat ini era media sosial, sehingga masyarakat dengan gampang menerima berita-berita yang belum tentu kebenaranya.

"Informasi yang ditemui di media sosial harus disaring sebagai, mengkonformasi orng yang terpercaya. Apalagi kondisi saat ini. Jangan sampai informasi itu bisa memecah belah negara Republik Indonesia," pungkasnya.

Editor: Dardani