Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Danlantamal IV Kunjungi Prajurit di Tapal Batas Pulau Takong Hiu
Oleh : Harjo
Minggu | 27-11-2016 | 15:30 WIB
takong hiu 5.jpg Honda-Batam

Danlatamal IV Tanjungpinang Laksamana S Irawan kunjungi Pulau Takong Hiu (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksma TNI S Irawan melihat secara langsung kondisi Pos TNI AL yang berada di Pulau Takong Hiu merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia. Terletak di Selat Malaka yang berbatasan dengan Negara tetangga Malaysia dan Singapura yang masuk dalam wilayah Kabupaten Karimun.

Kunjungan Danlantamal IV Sabtu (26/11/2016) tersebut adalah untuk melihat dari dekat kondisi prajurit-prajuritnya serta fasilitas penunjang operasional dalam mengamankan pulau-pulau terdepan seperti sarana komunikasi, logistik, dan kondisi Pos Takong Hiu.

“Menurut Danlantamal IV Laksma TNI S Irawan keberadaan Pulau Takong Hiu sangat strategis dan dari atas pulau tersebut bisa dipantau dengan jelas aktifitas lalu lintas kapal-kapal dari dan hendak menuju Singapura dan Malaysia tentunya dari sisi pertahanan kita dapat memonitor Selat Malaka dan kapal-kapal yang melintas.”

Dijelaskan pula bahwa Pulau Takong Hiu yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura sah milik Indonesia. Pulau Takong Hiu sah milik Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden No 78/2015 tentang pengelolaan pulau-pulau kecil terluar.

Sedangkan keberadaan Pos TNI AL serta menara mercusuar yang dijaga oleh petugas dari Kementerian Perhubungan memperkuat bukti bahwa pulau tersebut milik NKRI.

Saat ini personel TNI AL yang mengawasi atau menjaga Pulau Takong Hiu berjumlah 7 orang, secara terus menerus mengawaki Pos TNI AL dirotasi atau digilir.

Kedatangan Danlantamal IV beserta rombongan yang didampingi Pabanops Letkol Laut (P) Ashari, Dansatkamla Lantamal IV Mayor Laut (P) Feri menggunakan KRI Marapas sengaja tidak diberitahu untuk melihat secara ril prajuritnya dilapangan.

Danlantamal berpesan kepada para prajuritnya pengawak Pos TNI AL Takong Hiu agar tetap semangat tingkatkan terus kewaspadaan dan jaga kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. 

Editor: Surya