Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Minta Seluruh Gubernur Deteksi Dini Ancaman Keamanan
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 25-11-2016 | 11:14 WIB
Mendagri11.jpg Honda-Batam

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, para Gubernur perlu berkoordinasi dengan aparat keamanan guna mendeteksi secara dini setiap potensi ancaman keamanan. Hal itu dikatakan Tjahjo Kumolo ketika menjadi pembicarakan dalam dialog dan Rakor seluruh Gubernur di Jakarta, Kamis (24/11/2016).

 

Tjahjo, juga mengharapkan, Gubernur juga diminta membangun komunikasi dengan tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat.

Gubernur Nurdin menyampaikan, pihaknya sudah melakukan Silaturahmi Gubernur dan FKPD Provinsi Kepulauan Riau Bersama Organisasi Keagamaan, Organisasi Kepemudaan, FKUB dan FPK Provinsi Kepulauan Riau. Pertemuan itu mengambil tema Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Menuju Indonesia Damai.

Dari pertemuan itu, melahirkan Deklarasi Bersama Cinta Damai. Salah satu isi deklarasi itu adalah tetap setia menjaga kebhinekaan dengan menghargai perbedaan suku, bangsa, agama dan ras demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang damai untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Kami ingin Kepri damai selalu. Nyaman dan aman untuk semuanya," kata Nurdin.

Nurdin juga mengatakan pihaknya sudah melantik Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Kepri. Menurut Nurdin, tugas satgas ini melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja sarana prasarana baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota.

"Pemerintah selalu mencari konsep untuk membuat kompetisi suatu daerah sehingga punya daya saing sendiri. Mudah-mudahan dengan satgas Saber Pungli ini pelayanan bertambah baik mulai pelayanan kecil-kecil di lingkungan masyarakat dan pengusaha," kata Gubernur Nurdin.

Editor: Yudha