Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Watimpres Nilai Dana Bansos Banyak Digunakan untuk Pemilukada
Oleh : Surya Irawan
Kamis | 29-09-2011 | 14:56 WIB

JAKARTA, batamtoday - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menilai penggunaan dana bantuan sosial (Bansos) selama ini digunakan untuk kepentingan politik oleh para kepala daerah terutama incumbent untuk bertarung di Pemilukada. Karena itu, penggunaan dana Bansos harus difokuskan untuk mensejahterakan masyarakat bukan untuk kepentingan politik kepala daerah.

Penegasan itu disampaikan Anggota Watimpres bidang Otonomi Daerah Ryass Rasyid di Jakarta kemarin. "Kami ingin supaya dana lebih bisa dirasakan di masyarakat," kata Ryas Rasyid.

Ryass Rasyid mengatakan Watimpres telah memberikan saran kepada Presiden Susilo Bambang Yudhyono mengenai dalam penggunaan dana bantuan sosial. Ia menilai penggunaan dana Bansos selama ini tidak fokus karena   digunakan kepentingan politik di daerah.  “Jadi dalam rapat wantimpres dengan presiden kita beri masukan ada banyak program kerja pemerintah yang tujuannya baik tapi di daerah tidak jalan,” katanya.

Mantan Menteri Otda ini menegaskan, sebagian besar program kerja dari pusat yang tidak berjalan baik di daerah adalah untuk Bansos.  Maklum saja untuk program Bansos , penggunaan dana ratusan milyar yang dikirim dari pusat jadi wewenang pemerintah daerah. “Tidak fokusnya penggunaan dana akibat adanya kepentingan politik di daerah. Dana yang seharusnya untuk bantuan sosial, dipakai buat pilkada,” katanya sekali menegaskan.

Ryaas tidak menyebutkan praktek demikian ditemukan di mana saja. Namun yang pasti penggunaan dana tidak tepat sasaran membuat jumlah kemiskinan tetap tinggi. “Banyak daerah yang PDB-nya tinggi, tapi kemiskinannya juga tinggi,” katanya.