Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pilwako, Suryatati Gencar Perkenalkan Putrinya
Oleh : Lan/Chr/Dodo
Kamis | 29-09-2011 | 11:42 WIB
Maya-Suryanti.gif Honda-Batam

Maya Suryanti, gencar dipromosikan ibunya, Suryatati A Manan, Wali Kota Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Jelang digelarnya perhelatan pemilihan wali kota Tanjungpinang pada 2012, mendatang, Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan gencar memperkenalkan dan mempromosikan putrinya, Maya Suryanti sebagai calon wali kota Tanjungpinang yang akan maju pada Pilwako mendatang. 

Hal itu terlihat dari sejumlah kegiatan dan agenda Pemerintah Kota Tanjungpinang serta sejumlah kegiatan ke masyarakat, yang dihadiri Suryatati, bersama putrinya Maya Suryanti di sejumlah tempat di Tanjungpinang.

Seperti halnya, pada acara syukuran Idul Fitri Kementerian Agama, serta pelepasan Jamaah Calon Haji Tanjungpinang, beberapa waktu lalu di aula MAN Tanjungpinang yang dihadiri oleh ibu dan anak itu.

Hal yang sama juga terlihat dalam acara halal bi halal wali kota di Masjid Nurul Azam Lembah Asri. Ketika Suryatati Hadri dan memenuhi undangan warga perumahan tersebut, dirinya tidak lupa mengajak anaknya turut serta dan memperkenalkan pengusaha rumah kecantikan itu pada sejumlah warga, dengan sebuah pantun sebagaimana gaya khas Suryatati. 

Budi, salah seorang warga Perumahaan Lembah Asri membenarkan kehadiran wali kota Tanjungpinang dan anaknya di Masjid Nurul Azam itu, bahkan dalam acara itu, secara habis-habisan Suryatati dalam kapasitasnya sebagai wali kota memperkenalkan putrinya yang akan maju dalam Bursa Pilwako mendatang. 

“Pokoknya promosi habis-habisan-lah. Terus terang, kita tidak kenal dengan anaknya itu dan apa yang sudah diperbuatnya untuk  masyarakat Tanjungpinang. Kenapa baru muncul menjelang Pilwako?,”celetuk Budi, warga Perumahan Lembah Asri pada batamtoday, Kamis (29/9/2011).  

Sumber batamtoday lainnya juga menyebutkan, hal yang sama juga dilakukan Suryatati dengan anaknya dalam sebuah acara Syawalan di Surau An-Nur, Jalan Basuki Rahmat sekitar pukul 20.00 WIB pada Selasa (27/9/2011) lalu.

Dalam acara silaturahim yang masih dalam bulan syawal ini, tanpa sungkan wali kota memperkenalkan putrinya dengan meminta masyarakat untuk memilih Maya sebagai Wali Kota Tanjungpinang periode 2012-2017.

Bahkan, sebuah baliho dengan foto Maya Suryanti dibentangkan di dalam surau, dan ratusan warga yang datang saat itu diberikan sarung, kerudung dan permen yang disertai dengan foto kandidat calon wali kota Maya Suryanti.

"Secara akhlak sih, saya juga sangat meyayangkan, sarana ibadah dijadikan sebagai arena politik praktis, dan saya juga berharap instansi terkait bisa mengambil langkah-langkah preventif, dengan ini," sebut sumber mewanti-wanti agar namanya jangan dipublikasikan.     

Berdasarkan pantauan batamtoday, selain Maya Suryanti, kampanye teerselubung jelang Pilwako Tanjungpinang juga banyak dilakukan sejumlah tokoh lain di Tanjungpinang yang dengan gencar melakukan sosialisasi, dengan memasang baliho, spanduk, bahkan membuat sebuah acara yang bertujuan agar sosoknya dikenal orang.

Fenomena kampanye dan sosialisasi ala masing-masing calon ini, terlihat dari pemasangan sejumlah baliho ucapan Idulfitri, sebagaimana baliho milik Lis Darmansyah dan Fauzi Helmi yang terpampang di sejumlah ruas dan sudut jalan di Kota Tanjungpinang.