Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata, Batam Juara Dunia Soal Pertumbuhan Penduduk
Oleh : Redaksi
Senin | 21-11-2016 | 08:00 WIB
batamjuarapertumbuhanpenduduk.jpg Honda-Batam

Batam kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan populasi menurut data Demographia. (Foto: Tundra Laksmana/AP)

TAHUKAH Anda, apakah nama kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia? Jawabnya, Batam! Bukan karena angka kelahiran, tapi karena migrasi penduduk. The Guardian menuliskannya untuk Anda.

Batam adalah kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia. Menurut konsultan yang berbasis di Amerika Serikat, Demographia, yang mendasarkan kajiannya pada data tahunan peringkat kota di dunia. Yaitu, data PBB pada perkiraan populasi kota di dunia periode 2010-2020.

Batam yang dekat dengan Singapura dan beroperasi sebagai pusat transportasi dan kawasan industri. Sementara, zona perdagangan bebas meningkatkan perdagangan dengan pulau negara kota. Batam memiliki populasi 1,1 juta dalam estimasi terbaru, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 7,4%.

Peringkat kedua, menurut data Demographia adalah Mogadishu di Somalia, dengan populasi 2,1 juta, tumbuh 6,9%. Pertumbuhan Mogadishu didorong oleh situasi keamanan membaik dan prospek ekonomi setelah puluhan tahun perang sipil - banyak warga Somalia telah kembali dari luar negeri.

Di tempat ketiga adalah Ouagadougou di Burkina Faso, dengan populasi 2,7 juta dan pertumbuhan 6,8%. Negara secara keseluruhan rentan terhadap fluktuasi harga komoditas, tapi modalnya manfaat dari investasi di bidang infrastruktur.

Pertumbuhan Mogadishu didorong oleh situasi dan ekonomi prospek keamanan membaik setelah puluhan tahun perang saudara.

Kota-kota keempat dan kelima dengan pertumbuhan tercepat di dunia keduanya di Cina, dengan Xiamen tumbuh 6,7% dengan populasi 4,4 juta dan Yinchuan tumbuh 6,1% dengan populasi 1,6 juta.

Sebuah perlambatan pertumbuhan ekonomi China bisa berarti bahwa beberapa kota di Cina drop down dewan pemimpin kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia, menurut Demographia ini Wendell Cox.

Tapi upaya pemerintah China, baik untuk membuat ekonomi kurang bergantung pada ekspor dan untuk memastikan barat dari saham negara kemakmuran baru, dapat membuat tingkat pertumbuhan yang lebih cepat di kota-kota seperti Chengdu.

Dengan populasi lebih dari 10 juta, menjadikan Chengdu sebagai megacity menurut data Demographia dan berada ada urutan ke 91. Kota ini juga masih menunjukkan angka pertumbuhan sebesar 3,5% per tahun dengan luas mencakup luas 1.541 km persegi.

"Pemerintah berkomitmen untuk mendorong lebih banyak orang untuk pindah ke kota karena kemakmuran yang lebih besar yang mereka harapkan dalam jangka panjang. Begitu pun dengan perlambatan ekonomi, Anda bertanggung jawab untuk masih melihat pertumbuhan di kota-kota Cina," kata Cox, dari Demographia.

Sumber: The Guardian
Editor: Dardani