Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mi Rebus, Makanan Favorit Saat Hujan
Oleh : Redaksi
Senin | 14-11-2016 | 10:57 WIB
mi-rebus1.jpg Honda-Batam

Mi Rebus Jadi Makanan Favorit Saat Musim Hujan. (Foto; Ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Saat hujan seperti sekarang, terbayang nikmatnya menyantap semangkuk mi rebus. Kehangatannya menjalar dari lidah, kerongkongan hingga perut, juga membuat nyaman.

 

Tak heran bila mi rebus menjadi makanan favorit kala hujan, sebagaimana hasil hasil polling CNNIndonesia.com via Twitter pada hari ini (8/11), yang melibatkan 559 partisipan (pemilik akun).

Hasil polling menunjukkan 42 persen partisipan memilih mi rebus sebagai makanan favorit mereka kala hujan, disusul 40 persen bakso, sepuluh persen sup dan delapan persen gorengan.

Mengutip SF Gate, menyantap mi rebus kala hujan tak hanya menghangatkan dan menyamankan tubuh. Lebih dari itu, juga menyehatkan—tentu saja bila bahan bakunya juga sehat.

Anda bisa membuat mi rebus atau mi kuah yang kaya rasa dan bernutrisi asalkan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Sodium

Mi kuah ayam dalam kemasan biasanya mengandung sodium tinggi dan rendah protein, serat, vitamin dan mineral. Institute of Medicine merekomendasikan agar konsumsi sodium diperhatikan.

Setidaknya kandungan sodium dalam semangkuk sup mi ayam tidak lebih dari 1.500 miligram per hari, terlebih jika anda menderita tekanan darah tinggi, penyakit ginjal kronis atau diabetes.

Cita Rasa

Kebanyakan sup mi ayam berkadar sodium tinggi karena penggunaan garam sebagai cita rasa utama. Agar level sodium rendah, tambahkan beberapa bahan ke dalam mangkuk sup mi ayam.

Bahan tersebut, yaitu irisan bawang putih, bawang bombay, daun peterseli, dan daun salam. Boleh juga menambahkan saus kecap atau irisan jahe, jika anda ingin mencecap cita rasa khas Asia.

Protein

Potongan daging di sup mi ayam dalam kemasan tidak terlalu bernutrisi. Maka agar sup mi ayam anda lebih sehat dan kaya protein, gunakan daging ayam tanpa tulang dan tanpa kulit.

Buang juga lemak daging ayam, agar kandungan lemak di mangkuk sup mi ayam anda rendah. Bila anda vegetarian, bisa menambahkan sayuran yang mengandung protein (textured vegetable protein).

Variasi Mi

Bentuk mi dalam sup mi ayam dalam kemasan biasanya beragam. Untuk itu, cermati keterangan atau gambar di kemasan. Pilih mi berserat tinggi, gandum utuh plus vitamin dan mineral.

Bila anda sedang berdiet bebas gluten, boleh juga mencoba mi beras atau mi shirataki yang terbuat dari tahu dan tepung yam. Kandungannya hanya 20 kalori serta dua gram serat per porsi.

Sayuran

Konsumsi sayuran yang mengandung vitamin dan mineral sangat penting bagi diet harian anda, terutama saat sedang demam. Tambahkan irisan seledri dan wortel dalam semangkuk mi sup ayam.

Kedua sayuran memberikan asupan kalsium, magnesium, fosfor dan potasium bagi tubuh. Vitamin K di seledri baik bagi tulang. Vitamin A di wortel baik untuk mata, juga kulit dan gigi.

Tambahkan pula lada hijau sebagai sumber vitamin C, antioksidan yang mempercepat penyembuhan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha