Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fahri Hamzah Ditetapkan sebagai Presiden Keluarga Alumni KAMMI
Oleh : Irawan
Minggu | 13-11-2016 | 17:29 WIB
FahriHamzah2.jpg Honda-Batam

Fahri Hamzah terpilih menjadi Presiden Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA-KAMMI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Fahri Hamzah terpilih menjadi Presiden Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA-KAMMI) dalam Kongres I KA-KAMMI yang berlangsung selama dua hari (12-13 November) di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Kongres alumni KAMMI mendaulat Fahri Hamzah sebagai Presiden KA-KAMMI, karena mereka melihat sosok Fahri kaya dengan gagasan-gagasan maju, merupakan tokoh politik utama bangsa ini dan bisa menjadi juru bicara yang mewakili berbagai permasalahan ummat Islam dan rakyat Indonesia.

Menanggapi permintaan peserta kongres, Fahri yang juga bekas Ketua Umum KAMMI pertama itu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kawan-kawan dan junior alumni KAMMI dari seluruh Indonesia, karena memberikan kepercayaan yang besar di pundaknya.

"Kepercayaan alumni KAMMI pada saya adalah salah satu tangga saya untuk senantiasa belajar dan menimba ilmu. Saya bertekad akan bersungguh-sungguh membesarkan organisasi alumni yang solid, kokoh dan profesional, serta mampu memperjuangkan agenda ummat dan bangsa secara optimal," ucapnya.

Apalagi organisasi alumni KAMMI, menurut Fahri menghadapi berbagai tantangan besar untuk menuju organisasi yang eksis. Pertama adalah paradigma pegiat alumni yang terkooptasi oleh pikiran bahwa organisasi alumni KAMMI adalah organisasi yang dikendalikan oleh salah satu partai.
"Organisasi KAMMI saja sudah mendeklarasikan sebagai organosasi independen. Apalagi organisasi alumninya," kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Kedua adalah tentang kemandirian pikiran. Organisasi Alumni KAMMI akan menjalani masa kegemilangannya ketika para aktivisnya melepaskan diri dari kungkungan dan tekanan partai tertentu.

"Dengan menasbihkan diri sebagai organisasi mandiri yang para pegiatnya, dimana aktivisnya mampu berpikir dan bertindak merdeka, maka alumni KAMMI akan mampu merancang dan menjalani program demi kebesaran organisasi," tambahnya.

Ketiga, tambah politisi dari Partai Kedailan Sejahtera (PKS) ini adalah telah begitu lamanya kita mengambil jarak aktivisme dengan yang namanya organisasi. Kesibukan kita di dunia politik dan ekonomi dan sosial, sesungguhnya membuat kita sedikit melupakan KAMMI dan dunianya.

"Maka marilah kita menengok alumni KAMMI kembali, mengingat romantisme jalanan dan kebesaran masa lalu. Meyakinkan diri bahwa alumni KAMMI tak jauh berbeda dengan KAMMI tempat kita menyemai kembali harapan perubahan," ajak Fahri.

Bersamaan dengan pemilihan Presiden Alumni, dipilih juga 15 nama Tim Formatur (termasuk nama Fahri salah satunya, yang akan bertugas menyusun struktur kepengurusan; merampungkan draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Alumni KAMMI; serta melakukan langkah-langkah untuk melegalisasikan organisasi alumni.

Empat Rekomendasi

Dalam penetapan Presiden KA-KAMMI ini, ada beberapa rekomendasi yang ditelurkan dalam Kongres Nasional I Keluarga Alumni KAMMI, beberapa diantaranya;

1. Perlunya keluarga Alumni KAMMI mendirikan organisasi kemasyarakatan nasional sebagai wadah perjuangan menuntaskan cita-cita proklamasi

2. Menjadikan organisasi alumni sebagai organisasi ishlah dan perbaikan, merangkul semua pihak, termasuk seluruh unsur alumni; untuk mengedepankan ukhuwah dan persaudaraan

3. Meningkatkan aktivitas ekonomi sebagai salah satu sokoguru keberlangsungan perjuangan organisasi alumni

4. Terlibat aktif ikut menyelesaikan permasalahan sosial dan politik ummat dan bangsa.