Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batuaji dan Sagulung, Kawasan Rawan DBD di Batam
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 27-09-2011 | 15:22 WIB

BATAM, batamtoday - Kecamatan Batuaji dan Sagulung berdasarkan data yang dirilis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam, diketahui menjadi penymbang terbanyak pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) diantara 12 kecamatan di seluruh Kota Batam.

Rekapitulasi data penderita penyakit DBD di RSUD dari 1 Januari sampai dengan 23 September 2011 diketahui jumlah penderita DBD terdapat 30 orang yang berasal dari dua kecamatan tersebut masing-masing dari Kecamatan Batuaji 15 orang dan Kecamatan Sagulung 15 orang.

"Data pasien DBD terbanyak dari dua kecamatan tersebut," kata Cut Guspida,  Kasi Humas RSUD Embung Fatimah Batam kepada batamtoday, Selasa (27/9/2011).

Selain itu Cut Guspida juga menjelaskan untuk masalah penanganan atau pun pencegahan DBD, sebaiknya masyarakat di Kecamatan Batuaji dan Sagulung mengerti dan mematuhi 3M.

"Dengan melakukan program 3 M yaitu Menguras, Mengubur, Menutup barang-barang yang bisa menampung air dan sebagainya, Saya rasa program ini sangat efektif menanggulangi DBD, dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri," ujarnya.

Selain program 3M tersebut, masyarakat melalui RT/RW dapat melakukan pencegahan seperti pengasapan (fogging) dan cara lain untuk membasmi nyamuk penular DBD tersebut.