Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemilihan Ketua Umum Terbuka, Ini Agenda Kongres PSSI
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-11-2016 | 08:38 WIB
kongres-pssi.jpg Honda-Batam

Ilustru kegiatan Kongres PSSI (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sekjen PSSI, Azwan Karim, menjelaskan bahwa Kongres PSSI, yang punya agenda utama memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif, akan dilakukan secara terbuka. Kongres yang digelar di Hotel Mercure, Ancol, Kamis (10/11), bisa disaksikan oleh undangan, termasuk media.

 

Keinginan agar Kongres PSSI bisa dipantau menjadi penyebabnya. “Jadi bisa memantau proses pemilihan. Termasuk media bisa mengontrol secara langsung,” kata Azwan Karim.

Sembilan nama akan memperebutkan kursi Ketua Umum, yaitu Bernhard Limbong, Djohar Arifin Husin, Eddy Rumpoko, Edy Rahmayadi, Erwin Aksa, Kurniawan Dwi Yulianto, Moeldoko, Sarman, dan Tony Aprilani.

Sementara hanya dua yang akan menjadi Wakil Ketua Umum dan 12 anggota Komite Eksekutif. Komite Eksekutif nantinya wajib diisi setidaknya satu perempuan.

Sementara itu, sebanyak 107 anggota punya hak suara, terdiri dari perwakilan klub ISL, Divisi Utama, Liga Nusantara, dan beberapa asosiasi. Anggota Komite Eksekutif, Tony Aprilani menyebut bahwa voter sesuai data 2014.

Kongres akan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan menyanyikan mars PSSI. Pembacaan doa dilakukan sebelum sambutan Menpora, Imam Nahrawi namun masih belum pasti, Ketua Umum PSSI, Ketua Umum KONI, yang sekaligus membuka Kongres berstatus Biasa.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani