Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua DPR Minta Para Elit Menahan Diri Jelang 4 November
Oleh : Irawan
Kamis | 03-11-2016 | 14:02 WIB
Akom1.jpg Honda-Batam

Ketua DPR Ade Komaruddin

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menjelang demonstrasi 4 November 2016, banyak isu merebak terkait kepentingan berbagai pihak yang menunggangi aksi tersebut. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan, ada pihak yang berambisi menjadi presiden terlibat dalam aksi demonstrasi besar di Jakarta itu.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Ade Komarudin, mengatakan, sebaiknya para elite politik menahan diri. Salah satunya, dengan tidak membuat pemikiran-pemikiran yang memunculkan kontroversi.

"Sebaiknya hindari pikiran-pikiran yang dapat membuat kontroversi. Sekali lagi, saya imbau agar elite politik menahan diri," ucap Ade Komarudin, saat ditemui di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Jika ada pihak-pihak yang memang benar menunggangi demo tersebut guna menggulingkan pemerintah, maka Ade mengeaskan, dirinya siap berdiri paling depan untuk menghalau.

"Saya termasuk paling depan untuk menghalau kalau ada upaya untuk menjatuhkan pemerintahan. Pemerintahan ini dilahirkan dari demokrasi yang sangat demokratis, demokrasi yang sesungguhnya. Pemilihan langsung, lho. Sayang, biayanya besar. Biaya politik, biaya ekonomi, biaya sosialnya besar. Menurut saya, tidak ada yang lebih baik daripada sistem yang kita anut ini," jelas Ade.

Oleh karena itu, Ade tidak rela jika ada pihak yang hendak menggulingkan pemerintahan dengan cara yang melanggar konstitusi.

"Jadi, pasti saya termasuk yang berdiri paling depan untuk menghadapi bersama teman-teman yang lain, yang satu visi, jika ada pihak-pihak yang mau menjatuhkan pemerintahan ini dengan cara yang tidak demokratis," ujarnya menegaskan.

Editor: Surya