Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tutup Desember Mendatang

PT Sanyo Energy Batam PHK 574 Pekerja
Oleh : Gokli Nainggolan
Rabu | 02-11-2016 | 08:50 WIB
sanyo-batam1.jpg Honda-Batam

PT Sanyo Energy Batam di Batamindo Industrial Park (BIP). (Foto: Net)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Sanyo Energy Batam di Batamindo Industrial Park (BIP), Mukakuning, akan tutup bulan Desember 2016, imbas kerugian yang dialami perusahaan karena sepi order.

Informasi yang diperoleh dari BKPM, perusahaan yang memproduksi baterai dan sell itu telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 574 karyawan kontrak dan merumahkan 30 karyawan permanen.

"Laporan yang kita terima dari Batamindo, PT Sanyo Energy Batam akan berhenti beroperasi sekitar bulan Desember 2016. Sekarang dalam proses menyelesaikan kewajiban terhadap karyawan," kata Kasubdit Penanaman Modal BKPM, Adi Sugiharto, kemarin.

PT Sanyo Energy Batam berdiri sejak tahun 1992. Investasi dari perusahaan itu sampai September 2016 tercatat di BKPM sekitar USD 87 juta.

Menurut Adi, sejak tahun 2010 orderan yang diterima PT Sanyo Energy Batam mengalami penurunan. Hal itu juga diperparah kenaikan upah dan krisis ekonomi global. "PT Sanyo memprediksi tidak akan bisa pulih. Keuntungan mereka terus menurun," ujarnya. (*)

Editor: Dardani