Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi ke-14 Pekan Depan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-10-2016 | 11:52 WIB
darmin-konpers.jpg Honda-Batam

Menko Darmin Nasution saat Konfrensi Pers di Batam. (Foto: dokumen www.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi ke-14 pada pekan depan. Hal itu diungkapkan Darmin usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (21/10/2016).

"Pekan depan, hari Selasa paket kebijakan ekonomi ke-14 diumumkan," ujarnya.

Menurut Darmin, sejatinya, pemerintah berencana mengumumkan paket kebijakan ekonomi ke-14 pada Kamis (20/10), kemarin. Namun, hal tersebut urung diumumkan.

Sebelumnya, dalam wawancara terpisah, Darmin menyebutkan, sektor perdagangan elektronik atau e-commerce bakal menjadi sasaran paket ekonomi ini.

E-commerce sebelumnya sempat diperkirakan akan masuk menjadi paket kebijakan ekonomi ke-13. Namun, ketika itu, pemerintah lebih memilih pengembangan rumah.

Seiring dengan keluarnya paket kebijakan ke-14, pemerintah mulai menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) terkait e-commerce.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan, tujuh isu utama yang akan diatur dalam Perpres. Yakni, sumber daya manusia dan pendidikan, pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, keamanan cyber, logistik, dan infrastruktur komunikasi.

Diharapkan, dengan terbitnya peraturan ini, pemerintah bisa mempercepat pengembangan e-commerce yang ditargetkan rampung pada 2018 mendatang."Ini untuk mengejar target US$130 miliar di 2020," pungkasnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha