Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nissan Resmi Akuisisi Saham Mitsubishi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-10-2016 | 11:40 WIB
Nissan1.jpg Honda-Batam

Nissan Motor Co., Ltd akhirnya melakukan akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi Motors (MMC). (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nissan Motor Co., Ltd akhirnya melakukan akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi Motors (MMC) dan menjadikannya pemegang saham terbesar. MMC pun bakalan bergabung dengan aliansi Nissan dan Renault.

Dengan adanya MMC, aliansi ini akan menjadi grup otomotif terbesar ketiga di dunia secara volume global dengan penjualan 10 juta unit tahun fiskal 2016.

"Kombinasi Nissan, Mitsubishi Motors dan Renault akan menjadikan kekuatan baru di dunia dan akan menjadi grup otomotif ketiga terbesar dengan skala keekonomian, teknologi terbaru dan kemampuan pabrik memproduksi mobil yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen di setiap segmen pasar di dunia," ujar Ghosn dalam keterangan resminya, kemarin (20/10/2016).

Chairman sekaligus CEO Nissan Caros Ghosn mengumumkan Nissan dan MMC bakal berkolaborasi dalam pengembangan kendaraan, riset, pengembangan serta pembelian barang, hingga saling berbagi teknologi.

Ghosn juga memprediksi sinergi antara Nissan dan MMC bisa mendapatkan keuntungan yang meningkat hingga lebih dari 50 persen dari sebelumnya 24 miliar yen di tahun fiskal 2017 menjadi 60 miliar yen di tahun fiskal 2018.

Sebagai bagian dari strategi ini, Nissan mengirimkan empat calon yang akan bertanggung jawab menjadi eksekutif MMC termasuk Ghosn yang digoispkan sebagai Chairman. Tiga calon lain adalah Hitoshi Kawaguchi, Hiroshi Karube, dan Mitsuhiko Yamashita.

"Hal yang belum pernah terjadi sebelumnya ini bakal merubah industri otomotif global, strategi ini akan membuat kami semakin kuat dan kompetitif dengan menghasilkan produk yang lebih baik ke konsumen dan timbal balik positif ke pemgang saham," tutup Ghosn.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha