Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Trik Membuat Pancake yang Lezat
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-10-2016 | 11:26 WIB
pancage1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Pancage. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sarapan adalah "bahan bakar" yang menentukan vitalitas seseorang dalam menjalankan kegiatannya sepanjang hari. Karena itu, penting untuk memiliki menu sarapan yang lezat dan berenergi.

Pancake atau panekuk merupakan salah satu pilihan untuk memberikan energi dan mood yang cerah pada pagi hari. Namun bukan sembarang panekuk, melainkan panekuk yang sangat lembut.

Hanya saja tak banyak yang mampu membuat panekuk dengan lembut. Satu hal penting yang sering dilupakan itu adalah mengocok putih telur secara berpisah.

Jangan pernah mencampurkan telur dengan adonan lain, meskipun resep panekuk instan kerap menyarankan Anda untuk melakukannya.

Sebaiknya, Anda sedikit melakukan "pengorbanan" dengan mengocok putih telur secara terpisah. Hal itu bisa membuat panekuk semakin mengembang dan lembut.

Sedangkan untuk kuning telur, Anda tetap bisa mencampurkannya dengan adonan lain. Jika putih telur sudah mulai mengembang, Anda bisa menuangkannya ke dalam adonan.

Satu hal lain yang tak kalah penting adalah Anda harus tahu pasti takaran yang pas untuk baking soda dan baking powder. Kedua bahan tersebut memang berguna untuk mengembangkan adonan panekuk.

Namun jika digunakan terlalu banyak, panekuk justru akan "meledak" dan menjadi datar. Takaran yang pas menurut Kenji Lopez-Alt, sebagaimana dikutip Huffington Post, adalah dengan perbandingan dua baking powder dan satu baking soda.

Lebih jauh lagi, Lopez-Alt memaparkan bahwa ia menggunakan dua cangkir tepung, satu sendok teh baking powder dan setengah sendok teh baking soda. Cara ini patut Anda coba agar bisa mendapat panekuk lembut, lezat dan berenergi pada pagi hari.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha