Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Buka Turnamen Futsal KNPI Cup 2016
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 22-10-2016 | 09:02 WIB
futsal.jpg Honda-Batam

Ilustrasi pertandingan futsal. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun secara resmi membuka Turnamen Futsal Cup, KNPI Provinsi Kepri di lapangan futsal Junior Tanjungpinang, Jumat (21/10/2016).

Dalam turnamen pertama KNPI Cup Provinsi Kepri ini, sebanyak 16 tim akan berlaga memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan serta piagam.

Ketua DPD-KNPI Kepri Teddy Jun Askara mengatakan, Turnamen Fusal Cup KNPI Kepri ini merupakan turnamen pertama kali yang digelar sejak berdirinya KNPI di Kepri sebagai provinsi.

"Digagasnya turnamen futsal ini, adalah untuk memberikan ruang bagi para pemuda dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam bermain futsal," ujar Teddy.

Meskipun tanpa ada dukungan dari pihak lain, tambah Teddy, panitia dan KNPI sedaya upaya mensukseskan turnamen Futsal KNPI Cup tersebut.

"Ke depan, ada perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepri. Kami berharap, Bapak Gubernur mendukung turnamen Futsal KNPI Cup terus berkelanjutan tiap tahunnya," harap Teddy.

Lebih lanjut, dikatakan Teddy, turnamen ini menjadi ajang pembinaan bagi atlet-atlet futsal Kepri. Pada kesempatan itu, Teddy berperasan kepada peserta turnamen untuk bermain secara fair dan menjunjung tinggi sportivitas. Apalagi dalam sebuah pertandingan persoalan kalah menang merupakan hal yang lumrah.

"Kepada adik-adik peserta KNPI Cup I, untuk bermain secara fair. Dan junjung tinggi semangat sportivitas dalam pertandingan," papar legislator daerah pemilihan Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan apresiasinya kepada DPD KNPI Kepri yang sudah menggas Turnamen Futsal KNPI Cup I.

Menurut Nurdin, kegiatan yang digelar DPD KNPI Kepri adalah bagian dari pembinaan. Tentu upaya ini, juga membantu pemerintah daerah tentunya dalam memberikan ruang gerak bagi para atlet futsal untuk berkembang.

"Harus kita dorong dan bina. Atas dasar itu, peran serta dunia usaha untuk memberikan perhatian yang sama bagi berkembangnya olahraga futsal, bola kaki dan sebagainya," ujar Nurdin.

Nurdin bertekad untuk memberikan perhatian pada setiap bidang olahraga, seperti futsal misalnya. Gubernur Kepri tersebut yakin, anak-anak Kepri punya bakat dalam berbagai bidang olahraga. Ia berharap turnamen ini terus berkelajutan kedepannya. Diakuinya, upaya ini tidak cukup jika hanya mengandalkan kemampuan keuangan daerah.

"Jika kita mengandalkan kemampuan keuangan daerah tidak cukup. Perlu kerjasama dan kepedulian bersama. Dengan begitu proses pembinaan akan terus berlanjut," tutup Nurdin.

Semantara itu, Ketua Panitia KNPI Cup I, Erlangga Lawe dalam laporannya menyampaikan, turnamen ini digelar sempena hari Sumpah Pemuda ke 88 Tahun yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. Disebutkannya, pada even KNPI Cup I ini, 16 tim dari Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri.

"Turnamen ini, juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp20 juta, tropi, piagam dan medali. Sedangkan juara ke dua adalah Rp10 juta ditambah trophi dan medali. Kemudian juara tiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp7 juta, dan juara empat sebesar Rp3 juta," ujar Erlangga Lawe.

Adapaun salah satu tim yang ikut paa turnamen futsal yang perdana digelar oleh KNPI Provinsi Kepri ini, adalah Jurnalis Kepri. Adapun tim yang berlaga pada pertandingan perdana adalah mempertemukan Royal FC (Batam) versus Odonk-Odonk

Editor: Dardani