Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LIPI Undang Bupati Lingga Bicara Pertanian
Oleh : Nur Jali
Rabu | 19-10-2016 | 13:38 WIB
Bupati-AWE.gif Honda-Batam

Bupati Lingga, H Alias Wello SIP (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengundang Bupati Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Alias Wello SIP menjadi pembicara pada kegiatan “Workshop  Evaluasi dan Penguatan Implementasi Kerjasama Hasil Riset LIPI dengan Mitra Strategis” di Hotel The Mirah, Bogor, Kamis, (27/10/ 2016) mendatang.

Dalam jadwal acara dan undangan yang ditandatangani Sekretaris Utama LIPI, Dr Siti Nurmaliati Prijono itu, Bupati Lingga yang akrab disapa Awe ini, akan tampil sebagai pembicara bersama Kepala LIPI, Prof DR Iskandar Zulkarnain dan Gubernur Bengkulu, DR Drs H Ridwan Mukti MH.

Adapun peserta yang bakal hadir dalam workshop yang diagendakan berlangsung selama 2 hari itu, antara lain 20 Rektor Universitas dan Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, 21 Kepala Daerah provinsi, kabupaten/kota se–Indonesia dan 26 pimpinan unit kerja di lingkungan LIPI.

“Kehadiran Bupati Lingga dalam forum ini diharapkan mampu memberi energi positif bagi daerah lainnya di Indonesia. Kita lihat Kabupaten Lingga ini cukup serius mengaplikasikan kerja sama hasil riset LIPI, khususnya penerapan pupuk organik hayati di bidang pertanian,” ungkap Kepala Sub Bagian Kerja sama Dalam Negeri LIPI, Ridwan Stiaji kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Menurut Ridwan, komitmen Bupati Lingga menggandeng LIPI untuk menjadikan negeri “Bunda Tanah Melayu” itu sebagai pusat pertanian organik terbesar di Indonesia, bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Pencapaian daya saing yang kompetitif akan sangat ditentukan oleh keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“LIPI sebagai lembaga penelitian nasional memiliki misi untuk menciptakan invensi ilmu pengetahuan yang dapat mendorong inovasi untuk meningkatkan daya saing ekonomi. Seperti halnya Bupati Lingga yang ingin fokus pada pertanian organik, LIPI sudah menyiapkan alih teknologinya,” katanya.

Bupati Lingga, Alias Wello menyatakan kesediannya untuk hadir sebagai pembicara dalam workshop yang digagas LIPI tersebut. “Saya akan datang dan siap berbagi pengalaman dengan daerah lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Pemanfaatan Iptek dalam proses penciptaan good governance, kata mantan Ketua DPRD Lingga ini,merupakan sebuah kebutuhan untuk memperkuat peran daerah dalam menghadapi serbuan persaingan global.

“Daerah, khususnya Lingga memiliki kepentingan untuk bermitra dengan LIPI sebagai lembaga yang memiliki kompetensi di bidang Iptek. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kerja sama ini, terutama alih teknologi, serta peningkatan capacity building,” jelasnya.

Editor: Udin