Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polemik Pelantikan Kades Desa Numbing Bintan

Sebulan sebelum Dilantik, Sebastian sudah Tahu Bakal Jadi Kades
Oleh : CR-Ismail
Selasa | 18-10-2016 | 08:24 WIB
Kades-Numbing1.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Apri Sujadi melantik Sabastian Losor Usman sebagai Kades Numbing. (Foto: CR/Ismail)

 

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kepala Desa (Kades) Numbing yang dilantik Bupati Bintan 27 September lalu, Sebastian Losor Usman mengaku dirinya sudah mengetahui bakal dilantik menjadi Kades Numbing sejak 27 Agustus 2016, tepat sebulan sebelum pelantikan dirinya.

Dijelaskan Sebastian, sebulan sebelum pelantikan yang berlangsung pada Selasa (27/8/2016), panitia Pilkades, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), serta tokoh masyarakat Numbing melaksanakan rapat penetapan Kepala Desa Numbing terpilih.

Dalam pelaksanaan rapat penetapan itu, lanjut Sebastian, dirinya bersama empat kandidat lainnya tidak diundang untuk menghadiri rapat tersebut.

Baca: Gunawan Terpilih Kades Numbing, Sebastian yang Dilantik

"Setelah rapat penetapan itu, barulah saya tahu bakal dilantik jadi Kepala Desa Numbing," aku Sebastian saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Senin (17/10/2016).

Sebastian mengungkapkan, penetapan dirinya sebagai Kades Numbing terpilih sudah berdasarkan peraturan yang berlaku. Ia menututkan tidak pernah berniat mengambil kursi kepemimpinan siapapun.

Hanya saja, setelah lawannya, Gunawan Agus Rianto dinyatakan sebagai pemenang perolehan suara terbanyak pada Pilkades 27 April lalu, ia bersama tim mencoba menggugat kemenangan lawan.

"Saat itu ada dua temuan dari tim kami yang menjadi alasan kami menggugat calon Kades Gunawan," katanya.

Dua temuan tersebut yakni, adanya surat perjanjian yang ditandatangi warga bersama calon Kades Gunawan. Dan yang kedua, calon Kades suara terbanyak itu masih terdaftar dalam kader parpol.

"Itu yang kami gugat dulu. Setelah itu, kami hanya tinggal menunggu nasib. Alhamdulillah, saya yang diberikan amanah," tutur Sebastian.

Hingga kini, dikatakan Sebastian, hubungannya bersama Gunawan baik-baik saja. Walau dalam pelaksanaan Pilkades Numbing mengalami polemik, dirinya tetap akan menjalankan tugasnya sebagai pimpinan desa dengan baik.

"Kedepannya kita tidak tahu. Yang pasti, saat ini saya akan bekerja sesuai dengan amanah yang diberikan masyarakat Numbing kepada saya," jelasnya.

Editor: Dardani