Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Haji Ahmad Umari yang Terus Mengabdi
Oleh : Harjo
Senin | 17-10-2016 | 08:00 WIB
haji1.jpg Honda-Batam

Kompol Jaswir Kapolsek Bintan Utara mengucap selamat Ultah ke 76 kepada H Ahmad Umari di Tanjunguban. (Foto: Harjo)

USIA senja tak menghentikannya untuk terus mengabdi. Ya, mengabdi kepada masyarakat Bintan. Bahkan, saat usianya telah mencapai 76 tahun. Dialah Haji Ahmad Umari, pria kelahiran Tanjunguban Bintan. Siapakah sosok panutan masyarakat Bintan itu? Berikut tulisan wartawan BATAMTODAY.COM, Harjo.

Di mata masyarakat Bintan, Haji Ahmad Umari bukan lagi sosok yang asing. Bahkan berbagai persoalan sosial pun, tidak pernah luput dari masukan dan saran darinya. Dia adalah sosok yang serba bisa di tengah masyarakat. Sehingga, dalam kesehariannya yang sibuk dengan hiruk pikuk dengan dunia religius, dia masih menyempatkan diri berkumpul dengan para pemuka masyarakat serta para pemuda.

Tak heran, baik di pagi hari dan sore hari, bahkan malam, baik di kedai kopi, di masjid, serta acara lainnya, dia selalu ada dan hadir. Sekecil apa pun acara yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Latar belakang tokoh agama serta orang yang dituakan dan dijadikan sebagai panutan bagi masyarakat Tanjunguban ini. Sejak tahun 1960 sudah menjadi guru agama di sekolah tingkat SD di Tanjunguban. Selanjutnya beliau pun pernah menjadi penilik sekolah hingga tahun 1985.

Sejak tahun 1985 pula, dia dipercaya dan mendapatkan tugas dari pemerintah saat itu, sebagai pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) di Bintan Utara, hingga masa tugasnya sebagai PNS pun berakhir. Setelah pensiun dari PNS, aktifotas beliau pun masih berlanjut di sejumlah organisasi. Haji Ahmad Umari juga sempat dipercaya sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bintan.

"Saya mulai dari guru agama SD tahun 1960, dan baru beberapa tahun terakhir tidak berkecimpung langsung di organisasi seperti MUI. Namun selalu berusaha untuk tetap hadir dalam berbagai acara, baik acara pemerintahan, organisasi serta kegiatan masyarakat," ujar H Ahmad Umari kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Minggu (16/10/2016).

Mengapresiasi pengabdian tokoh masyarakat Bintan ini, Kapolsek Bintan Utara Komisaris Polisi Jaswir, secara khusus dan sederhana merayakan hari ulang tahun pria yang santun ini.

"Dia adalah sosok tokoh masyarakat yang bisa menjadi panutan dari berbagi sisi, baik pengetahuannya di bidang agama, sosial budaya, bahkan kesehatannya. Karena di usianya yang ke-76, dia masih terus aktif mengabdikan dirinya kepada masyarakat," ujar Jaswir.

Jaswir menjelaskan, di hari ulang tahunnya yang ke-76, dia bersama sejumlah pemuka masyarakat dan pemuda Bintan Utara sengaja meluangkan waktu untuk berkumpul di salah satu kedai kopi di Tanjunguban, untuk memberikan apresiasi dengan mengucapkan selamat ulang tahun secara sederhana.

"Walaupun secara sederhana dan di tempat yang sederhana, setidaknya kami bisa berkumpul di hari kelahiran Pak H Ahmad Umari yang ke-76. Sekaligus mengucapkan terima kasih atas ilmu dan pengetahuan yang selama ini telah diberikan, baik secara langsung dan tidak langsung. Karena, yang jelas sosoknya selalu menjadi inspirasi dan teladan bagi kalangan muda dan masyarakat umumnya," tutur Jaswir.

"Semoga Pak Haji Ahmad Umari terus memberikan teladan kepada masyarakat. Serta terus berada di tengah masyarakat dan memberikan motifasi, untuk kemajuan daerah baik di bidang keagamaan serta sosial budaya," harap Jaswir yang diamini oleh sejumlah pemuka masyarakat dan pemuda Bintan Utara lainnya.

Editor: Dardani