Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jia Jia Meninggal Dunia, Hongkong Berduka
Oleh : Redaksi
Senin | 17-10-2016 | 09:14 WIB
jia_jiabafp.jpg Honda-Batam

Ulang tahun Jia Jia yang ke-37 dirayakan besar-besaran tahun 2015 lalu. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Hongkong - Jia Jia, seekor panda yang diyakini sebagai yang paling tua di dalam kandang meninggal dunia pada usia 38 tahun. Kematian ini pun menyebar sebagai kabar duka di seluruh Hongkong.

Kematian Jia Jia -yang dalam siklus usia manusia setara dengan 100 tahun lebih- diumumkan oleh taman hiburan di Hong Kong, tempat tinggalnya selama ini.

Kondisinya memburuk dalam beberapa pekan belakangan dan dia kehilangan nafsu makannya, seperti dilaporkan beberapa media setempat. Dia kemudian dibiarkan mati oleh para dokter hewan di Taman Ocean, tempat tinggalnya sejak tahun 1999.

Dalam pernyataannya, seorang juru bicara pemerintah Hong Kong mengucapkan terimakasih atas Taman Ocean yang memberi perhatian dan dukungan kepada Jia Jia dengan menambahkan "ikut sedih" atas berita kematiannya.

Bulan Juli 2015 lalu, pengelola taman hiburan menggelar upacara besar-besaran untuk merayakan ulang tahun Jia Jia yang ke-37 di kandangnya.

Jia Jia lahir di alam liar Sichuan, Cina, pada tahun 1978 dan dipindahkan ke Hong Kong pada tahun 1999 untuk mengenang dua tahun penyerahan kembali Hong Kong dari Inggris kepada Cina.

Panda biasanya mencapai 20 tahun jika hidup di alam liar namun bisa mencapai 25 tahun jika dipelihara di dalam kandang.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani