Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Tertular Virus Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Warga Kijang Mati Mendadak
Oleh : CR/Ismail
Minggu | 16-10-2016 | 17:30 WIB
ayan.jpg Honda-Batam

Puluhan ayam milik beberapa warga mati mendadak (Foto: CR/Ismail/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Warga Kampung Sungai Datuk, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, heboh setelah puluhan ayam milik warga mati mendadak, Minggu (16/10/2016).

Kejadian ayam ini membuat sebagian warga setempat resah. Pasalnya, pada hari sebelumnya, Sabtu (15/10/2016), hewan ternak tersebut tidak menunjukkan kondisi sakit. "Takutnya, ada virus flu burung," ujar salah seorang warga.

Rahemeh, Ketua RT setempat mengatakan, jumlah ayam yang mati mendadak sebanyak 33 ekor. Sejumlah hewan ternak yang mati tersebut milik tujuh warga setempat.

"Memang aneh kok bisa ayam-ayam ini mati secara mendadak. Bahkan, dalam satu kandang mati semua," ungkap Rehemeh.

Sementara itu, Ketua Pemuda Nusantara Kabupaten Bintan Zuhri Marzuki yang juga mengecek lokasi, mengatakan kejadian aneh ini membuat warga kampung sungai Datuk resah jangan jangan   Avian Influence (H5N1) atau flu burung.

Dikatakan Zuhri, kejadian ini matinya unggas tersebut  sudah berlangsung sekitar seminggu belakangan. Untuk sementara, dirinya menghimbau kepada warga agar ternak yang mati jangan dibuang sembarangan hendaknya di tanam atau di kubur. 

"Kita tidak ingin kejadian yang aneh ini luput dari pantauan pemerintah . Harapan kita Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Kabupaten Bintan dapat turun langsung dan menangani kasus ini jangan hanya kerja di atas meja," terangnya.

Editor: Surya