Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Tionghoa Gelar Sembahyang di Kelenteng Guan Sheng Di Jun Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 10-10-2016 | 11:02 WIB
sembayangcina.jpg Honda-Batam

Suasana acara malam di kelenteng Guan Sheng Di Jun Sebongpereh Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Warga Tionghoa yang berasal dari Bintan, Tanjungpinang dan Batam, sembahyang bersama di Kelenteng Guan Shen Di Jun, Desa Sebongpereh, Kecamatan Teluksebong, Kabupaten Bintan, Minggu (9/10/2016).

Antoni, Ketua Yayasan Sangharama Sebongppereh, kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, sembahyang bersama itu sudah menjadi agenda rutin tahunan. Tujuannya menyampaikan doa agar bisa tercapai cita-cita, melalui Kitong kepada para dewa.

"Sembahyang bersama adalah acara ritual tahunan, agenda acara ritual sendiri, setiap tahunnya berbeda karena menyesuaikan dengan arahan dari Kitong dan permintaan para dewa," ungkap Antoni.

Antoni menjelaskan, di kelenteng ini ada tiga dewa dan dewi diantaranya, Dewi Mazu, dewa Guan Sheng Di Jun dan Wu Ying Jian Jia. Dimana pada tahun ke 11 pelaksanaan sembahyang bersama, sesuai petunjuk dari Kitong. Acara kelenteng pada tahun ini, melaksanakan beberapa ritual diantaranya, lepas burung, lepas penyu, ikan hias laut.

"Ritual tersebut, seperti melepas puluhan penyu, membakar burung Hong serta melepas ikan hias laut. Menyesuaikan dengan bisikan Kitong yang mendapat petunjuk para dewa. Dalam agenda acara tahunan di kelenteng ini, juga dilakukan pengalangan dana untuk Vihara melalui lelang sejumlah barang dan benda," ujarnya.

Di sisi lain, kata Antoni lagi, keberadaan kelenteng ini sudah menjadi salah satu obyek wisata ritual yang ada di Bintan. Di mana wisatawan baik lokal mau pun mancanegara, sudah ramai berkunjung ke sekitar kelenteng ini. Ke depan, bisa jadi pengelolaannya akan lebih di tingkatkan dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

"Kalau melihat perkembangannya keberadaan sejumlah tempat ritual di kelenteng ini, sangat ramai di kunjungi. Kedepan pengelolaannya bisa ditingkatkan menjadi tempat wisata ritual bagi wisatawan yang berkunjung ke Bintan. Sehingga selain berwisata ke kawasan pariwisata Lagoi, ada juga wisata ritual seperti yang ada di Thailand dan negara lainnya," papar Antoni.

Dalam ulang tahun kelenteng yang tahun yang ke 11, turut hadir penasehat dan pembina kelenteng Asmin Patros dan pembina Alex Hussy, serta tokoh masyarakat Tionghoa Bobi Jayanto, Ongku serta sejumlah tokoh lainnya.

Editor: Dardani