Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Lingga Beri Bantuan Korban Rumah Terbakar dan Tertimpa Pohon
Oleh : Nursali
Sabtu | 08-10-2016 | 09:50 WIB
bantuandinsos.jpg Honda-Batam

Kepala Dinsos Lingga memberi bantuan kepada korban rumah terbakar dan tertimpa pohon bersama Srikandi Pemuda Pancasila. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga memberikan bantuan kebutuhan dapur untuk dua korban musibah rumah kebakaran di Singkep Barat dan rumah ketimpa pohon di Singkep dalam sehari, Kamis (6/10/16) lalu.

Kepala Dinsos Nakertrans Kabupaten Lingga, Muslim mengatakan, kejadian rumah tertimpa pohon tersebut terjadi di hari yang sama dan waktu yang berdekatan pada hari Rabu (5/10/16). "Rumah roboh ketimpa pohon itu sekitar jam 10 pagi, saat hujan dan angin kencang dan yang kebakaran itu sekitar pukul 11 siang," ujarnya.

Muslim menjelaskan, rumah kebakaran tersebut adalah milik Atek alias Budi Kurniawan, seorang muallaf bersama tiga anaknya dan istrinya tersebut terbakar, diduga karena konsleting listrik saat hujan deras disertai kilat. "Tak satupun barang yang bisa diselamatkan," sebutnya.

Api menjalar dengan cepat sehingga membakar seisi rumah, beruntung api berhasil dipadamkan oleh warga sekitar. Sehingga tidak merambat kemana-mana dan tidak ada korban jiwa. Namun untuk barang-barang milik keluarga ini tidak ada yang dapat diselamatkan. Kerugiannya diduga mencapai ratusan juta.

"Untuk sementara kita berikan bantuan kebutuhan awal dulu, untuk rumah akan kita ajukan tahun depan melalui dinas terkait," jelas Muslim.

Sementara itu, untuk rumah yang ketimpa pohon, juga menghancurkan hampir seluruh bagian rumah yang berbahan beton tersebut, rumah milik Ahad ini mengalami kerugian puluhan juta karna beberapa bagian isi rumah juga tidak terselamatkan, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Kita sudah koordinasi dengan pemerintah desa, untuk diajukan agar mendapat bantuan rehab," sebutnya.

Selain dari pemerintah daerah sendiri beberapa masyarakat dan Ormas juga ada yang membantu, dan ini kita sambut baik. "Kemarin ada dari ibu-ibu Srikandi Pemuda Pancasila yang juga membantu," sebutnya.

Bantuan tersebut hanya bersifat bantuan awal, untuk bantuan fisik lainnya akan kita diupayakan pada tahun anggaran 2017, karna saat ini APBD perubahan sudah di sahkan. Namun kita juga mrngajak BPBD kabupaten untuk turut memberikan perhatian, apalagi kemarin menurutnya Bupati Lingga Alias wello turun langsung waktu kejadian.

"Waktu hari kejadian Bupati langsung yang turun," sebutnya.

Editor: Dardani