Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Skuad Termahal di Dunia
Oleh : Redaksi
Rabu | 05-10-2016 | 08:12 WIB
skuadmu.png Honda-Batam

Skuad Manchester United menjadi skuad termahal di dunia saat ini. (Foto; Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, London - Manchester United baru saja dinobatkan sebagai klub dengan nilai skuad termahal di dunia. The Red Devils mengalahkan Real Madrid dan Barcelona yang diisi pemain sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

 

Hal itu terungkap melalui sebuah hasil penelitian dari Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES) yang mengamati sepak bola. Dalam laporannya, CIES telah merilis daftar yang berisi 100 klub sepak bola Eropa dengan nilai skuad mahal.

Man. United menempati posisi teratas pada daftar itu dengan nilai skuad mencapai 718 juta euro atau sekitar 10,42 triliun rupiah. Posisi kedua ditempati oleh Real Madrid yang diperkirakan memiliki nilai skuad sekitar 634 juta euro atau sekitar 9,2 triliun rupiah.

Klub sekota Man. United, Man. City, berada di posisi ketiga dengan nilai skuad 611 juta euro atau sekitar 8,87 triliun rupiah. Posisi keempat ditempati Barcelona yang memiliki nilai skuad mencapai 485 juta euro atau sekitar 7 triliun rupiah.

Meski begitu, tidak ada jaminan yang pasti bahwa dengan skuad yang mahal akan membawa sebuah tim keluar sebagai juara di akhir musim nanti. Hal itu telah dibuktikan oleh Leicester City pada musim lalu.

"Secara umum, korelasi antara nilai skuad dan posisi terakhir dalam tabel liga domestik sangat tinggi. Tapi, musim lalu, Leicester City memenangi Premier League, di mana (nilai skuad) mereka hanya menempati posisi ke-17 dari 20 tim," pernyataan CIES di laman resmi mereka.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani