Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kecelakaan Kereta di New Jersey, KJRI Imbau WNI Tenang
Oleh : Redaksi
Jum'at | 30-09-2016 | 13:29 WIB
kecelakaan-di-AS.gif Honda-Batam

Ilustrasi kecelakaan kereta api. (REUTERS/Bryan Woolston)

BATAMTODAY.COM, New York - Sebuah kereta New Jersey Transit mengalami kecelakaan di Terminal Hoboken, New Jersey. Petugas dari New Jerseys Emergency Medical Services mengatakan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka dan beberapa penumpang lainnya masih terjebak di antara puing-puing kereta. Laporan terbaru mengatakan satu orang dipastikan tewas.

"Petugas dari New Jerseys Emergency Medical Services mengatakan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka dan beberapa penumpang lainnya masih terjebak di antara puing-puing kereta," ungkap keterangan KJRI New York, Kamis (30/9) malam.

Kereta diketahui berangkat dari stasiun Spring Valley mengalami tabrakan pada pukul 9 pagi di stasiun Hoboken yang terletak tidak jauh dari pusat kota Manhattan, New York.

Kereta dikabarkan keluar jalur dan menabrak dinding stasiun. Tidak dirasakan rem atau penurunan kecepatan sehingga gerbong terdepan kereta mengalami kerusakan parah.

Kebanyakan korban yang mengalami cidera berasal dari gerbong paling depan. Pihak petugas masih melakukan penyidikan lebih lanjut terkait kecelakaan tersebut.

KJRI New York mengimbau seluruh Warga dan Diaspora Indonesia untuk tetap tenang dan waspada.

Seperti dilansir AFP, kecelakaan kereta terjadi pada Kamis (29/9/2016) pagi waktu setempat. Menurut saksi mata di lokasi kejadian, kereta yang mengangkut sejumlah penumpang ini melaju dengan kencang hingga akhirnya menabrak dinding stasiun Hoboken dan menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Dari foto yang diunggah para penumpang kereta yang tengah berada di stasiun Hoboken, New Jersey, tampak kereta tersebut porak poranda, sementara penumpang yang ada di dalamnya telah dievakuasi. Tak hanya kereta, terlihat pula dinding yang hancur akibat ditabrak kereta serta sejumlah kabel yang berantakan akibat kecelakaan itu.

Menurut laporan polisi dan sumber New Jersey Transit, peristiwa terjadi tepatnya pukul 08.30 pagi waktu setempat, saat kereta di jalur 5 melaju kencang menuju terminal dan menyebabkan kerusakan parah di stasiun tersebut.

Sumber kepolisian seperti dilansir ABC News menyebutkan setidaknya 100 orang menjadi korban luka dalam kecelakaan ini dan kebanyakan di antaranya dalam kondisi kritis. Sementara beberapa penumpang lain langsung mengupdate kondisi mereka di media sosial dan memastikan kalau mereka baik-baik saja.

Saat ini petugas kepolisian dan tim medis telah bergegas ke lokasi kecelakaan untuk melakukan evakuasi sekaligus penanganan terhadap korban luka. Hingga saat ini kepolisian dan pihak berwenang lainnya masih mencari tahu penyebab kecelakaan ini.

Untuk bantuan WNI silahkan hubungi hotline KJRI New York pada no telp. 347-806-9279.  

Sumber: ABC
Editor: Udin