Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Salad Merupakan Pasangan Serasi Sajian Serba Panggang
Oleh : Redaksi
Kamis | 29-09-2016 | 09:48 WIB
IlustrasiSalad1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Salad (Foto: Internet)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di dunia memasak, dikenal sejumlah teknik yang biasa digunakan untuk mengolah bahan makanan. Ada yang digoreng, direbus, dipanggang, dibakar, atau dikukus.

Seluruh teknik tersebut akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. "Dan sensasi yang paling lezat adalah dengan teknik pembakaran," ujar Chef Jamie Foy, Manager of Development di Grill Academy untuk wilayah Asia, saat bertandang di Jakarta, pada Rabu (28/9).

Menurutnya sensasi daging yang dibakar sangatlah khas. "Ada sensasi asap yang khas, yang tidak bisa dirasakan dengan teknik memasak lain," paparnya.

Salah satu hidangan yang ia suka dari teknik ini adalah sate. Diakui, kesukaannya timbul pada saat melihat daging sate dibakar dengan bumbu yang lezat.

"Saya juga suka dengan selai kacang, dalam bentu apa pun. Itu [sate dan selai kacang] adalah perpaduan yang pas," papar chef yang pernah meraih penghargaan sebagai Young Rising Star di British Cookery.

Selain itu, memasak dengan teknik bakar juga bisa dilakukan dengan santai. Pasalnya, sembari menunggu bumbu meresap ke dalam daging, Anda juga bisa menyiapkan menu lain, atau duduk santai dan mengobrol dengan orang lain.

"Jadi selain rasa yang unik juga karena lifestyle yang diberikan saat memasak dengan pembakaran. Anda bisa santai tanpa harus fokus ke masakan. Simple preparation, because if you are looking, you aint cooking," ujarnya.

Ia juga mengutarakan salah satu bahan favoritnya yang biasa digunakan untuk memanggang. "Daging," katanya, "terutama jika dimasak menjadi steak. Steak sangat sederhana, mulai dari bumbu dan waktu yang dibutuhkan juga sangat singkat."

Penyuka klub sepak bola Liverpool ini juga memaparkan bagaimana sebaiknya memasak dan memakan masakan yang dibakar. "Jangan terus menerus mengecek kondisi masakan Anda. Biarkan saja," katanya.

Selain itu, usahakan selalu menggunakan bumbu atau rempah-rempah yang segar agar menghasilkan cita rasa yang maksimal. Tak hanya itu, jika Anda akan memakannya, ada baiknya Anda turut menyiapkan salad sebagai menu pendamping.

"Makanan yang dibakar biasanya banyak mengandung lemak," ungkapnya, "sehingga akan lebih baik jika digabung dengan salad, misalnya dengan timun."

Selain salad, minuman segar seperti soda juga cocok untuk dihidangkan bersama makanan yang dibakar. "Anda bisa mencampurkan buah peach, daun mint, dengan soda," kata pria kebangsaan Inggris ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha