Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadirkan 19 Model dan Designer dari 12 Negara

Digelar di Atas Laut, Event Batik di Bintan Ini Pertama Kali di Dunia
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 27-09-2016 | 17:51 WIB
Event-World-Batik.gif Honda-Batam

Plt Sekda Bintan hadiri Event World Batik Designer & Model Competition bertaraf internasional di kawasan pariwisata Indonesian Street City (ISC) PT SUN Resort, Batu Licin, Wacopek, Kecamatan Bintan Timur (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - PT Sun Resort menggelar Event World Batik Designer and Model Competition bertaraf internasional. Acara diadakan di kawasan pariwisata Indonesian Street City (ISC) PT SUN Resort, Batu Licin, Wacopek, Kecamatan Bintan Timur, Kamis (22/9) malam.

Event yang mendatangkan 19 model dan designer dari 12 negara ini merupakan event ISC PT SUN Resort World Batik Designer and Model Competition pertama kalinya digelar di Indonesia maupun dunia. Sebab penempatan catwalk dalam perlombaan ini tidak berada di dalam gedung atau hotel mewah, melainkan di pelantar kayu di atas laut.

President Director PT Sun Resort, Sunny Sukardi, mengatakan, bahwa event ini berbeda dari lainnya dan inilah yang pertama kalinya ada di dunia. Sebab event ini diadakan di atas laut dan menjadi satu dengan alam sekitar.

"Batik-batik yang dipakai dalam peragaan model ini merupakan batik warisan Unesco,” bebernya.

Kompetisi desainer dan model batik tingkat dunia ini menurutnya akan terus dilaksanakan. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan melestarikan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

"Nantinya tim yang menang akan kita ikutkan dalam pegelaran yang sama di Paris Fashion Show,” jelasnya.

Plt Sekda Bintan Raja Akib, mengatakan, pemerintah daerah selalu mendukung upaya Sunny Sukardi (President Director PT SUN Resort) menggelar kompetisi desainer dan model batik ini. Sebab event yang ditaja putra asli Bintan itu menyumbang angka kunjungan wisatawan ke Indonesia khususnya Bintan.

"Pemerintah akan menjembatani kerja sama antara ISC PT SUN Resort dengan Kementerian Pariwisata. Itu dilakukan agar event-event seperti ini dapat dipromosikan ke negara-negara lain,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PKK Kabupaten Bintan, Deby Apri Sujadi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira, Camat , Lurah , instansi terkait serta para desainer yang mengikuti kompetisi.

Editor: Udin