Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dalmasri Jadi Irup Peringaan HUT Kepri Ke-14 Tingkat Kabupaten Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 27-09-2016 | 17:38 WIB
WabupBintan-jadi-Irup.gif Honda-Batam

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepri ke-14 tingkat Kabupaten Bintan (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepri ke-14 tingkat Kabupaten Bintan, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Bintan Buyu, Senin (26/9/2016).

Peringatan HUT Provinsi Kepri ke-14 dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri mengusung tema “Melalui hari jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-14 mari kita wujudkan Kerja Nyata menuju masyarakat Kepri yang sejahtera dan unggul di bidang maritim”.

Pemerintah Propinsi Kepri dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan senantiasa berpedoman pada arah dan tujuan Provinsi Kepri sebagaimana dinyatakan dalam visi Kepulauan Riau 2016–2021 yaitu “Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang sejahtera, berakhlak mulia dan ramah lingkungan serta unggul di bidang maritim”.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Bintan saat membacakan sambutan Gubernur Kepulauan Riau pada upacara peringatan hari jadi Provinsi Kepri ke-14 tahun ini.

Lebih lanjut disampaikan, dalam rentang waktu 14 tahun semenjak berdirinya provinsi kepri, Alhamdulillah telah banyak kemajuan pembangunan dicapai yang bisa dilihat dari beberapa indikator, seperti pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, IPM, PDRB per kapita, indeks kini dan penduduk diatas garis kemiskinan.

Trend pertumbuhan ekonomi menunjukan peringkat positif sebesar 5,40 persen yang tergolong baik secara nasional dengan inflasi sebesar 1,37 persen, indeks pembangunan mengalami peningkatan yg baik dengan nilai IPM pada tahun 2014 sebesar 73,40 persen meningkat manjadi 73,75 persen pada tahun 2015, nilai tersebut cukup baik karena IPM kepri selalu berada diatas angka IPM nasional, di bidang pendidikan juga telah mengalami peningkatan mulai dari angkat rata-rata lama sekolah, angka partisipasi serta angka kelulusan semua telah mencapai target RPJMD Tahun 2015

Sedangkan di bidang kesehatan, penyediaan sarana dan prasarana kesehatan hingga tahun 2016 terdapat 28 rumah sakit, dengan 77 puskesmas, 311 puskesmas pembantu, 193 klinik dan balai pengobatan swasta yang siap melayani masyarakat, selanjutnya dari segi SDM kesehatan, pada tahun 2015 rasio dokter umum sebesar 44 per 1.000 penduduk, dokter spesialis mencapai 19 per 100.000 penduduk dan rasio perawat mencapai 193 per 100.000 penduduk, itu semua mencapai taret indonesia sehat.

Terkait dengan pembangunan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat semua telah dilaksanakan dan ada juga yang sedang berjalan pembangunannya.

Diakhir pidato yang dibacakannya, Wakil Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bintan khususnya, agar harus ditanamkan rasa emosional yang tinggi dan rasa memiliki terhadap daerah dalam proses pembangunan.

"Itu sangat penting agar proses pembangunan dapat terlaksana dan tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan,” imbuhnya

Editor: Udin