Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 482 Peserta Pelantara VI akan Gelar Bakti Sosial dan Kunjungi Wisata Kepri
Oleh : Harjo
Selasa | 27-09-2016 | 16:28 WIB
danlanatamal.jpg Honda-Batam

Danlantamal IV Menerima Cindramata Laksma TNI S Irawan. (Foto: Harjo)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Satuan tugas (Satgas) pelayaran lingkar nusantara (Pelantara) VI 2016 dalam rangka Sail Selat Karimata tahun 2016 yang diikuti oleh Pramuka Saka Bahari dari seluruh Indonesia dan Satgas Bela Negara Kemhan RI tiba di pangkalan TNI AL Tanjung Uban, Selasa (27/9/2016).

 

Bertindak sebagai Dansatgas Pelantara VI 2016 Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno, rombongan berangkat rute Jakarta, Bangka,Tanjungpinang, Ranai, Tanjung Datuk, Pontianak, Kayong dan kembali ke Jakarta, Peserta pelantara VI 2016 adalah Pramuka Saka Bahari kontingen seluruh Indonesia dengan jumlah peserta pelantara sebanyak 332 orang terdiri dari 23 Kwarda se-Indonesia dan Satgas Bela Negara dari Kemhan RI 150 orang.

Peserta Pelantara VI tahun 2016 menggunakan KRI Surabaya 591 jenis LPD (Landing Platform Dock) milik TNI AL yang dilepas langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan pada tanggal 22 September 2016 di dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara .

Penyambutan dipimpin langsung Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan jajaran FKPD Kepri antara lain Danlantamal IV Laksma TNI S Irawan, Danrem 033/WP Brigjend TNI Fachri, Danguskamlabar Laksma TNI Mohammad Ali, Kapolda Kepri yang diwakili Kapolres Bintan Koompol Heryana, Danlanud Tanjungpinang Kolonel Pnb ING Wahyu Anggono, Tokoh agama, tokoh masyarakat Kepri, penyambutan diawali dengan tari persembahan selamat datang di tanah melayu.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan Tanjungpinang dan Tanjung Uban antara lain peserta Pelantara VI 2016 akan melaksanakan penghijauan di Taman Wisata Kampung Bugis Sakera Tanjung Uban, disamping itu juga akan dilaksanakan kerja bhakti dan pengecatan tempat ibadah dan sekolah, serta melaksanakan olahraga bersama dengan masyarakat Tanjung Uban.

Peserta juga akan melaksanakan kunjungan kebeberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang antara lain tempat wisata Lagoi, klenteng dan beberapa obyek wisata yang ada di kepri.

"Tujuan kegiatan ini adalah bagian dari upaya pemerintah Indonesia memperkenal kepada pelajar dan pemuda tentang luasnya negara bahari kita dan memberikan pemahaman program pemerintah tentang “Poros Maritim Dunia”, serta mensukseskan Sail Selat Karimata yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara," ujar Kadispen Lantamal IV Mayor Josdy Damopolly.

Pada Kamis 29 September 2016 pukul 19.00 WIB peserta Pelantara akan bertolak ke Ranai Natuna, akan terlebih dahulu melaksanakan malam keakraban bersama unsur pemda Kepri dan Bintan, berupa pertunjukan seni yang akan dipersembahkan oleh peserta pelantara VI.

Editor: Dardani