Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Karimun Ucapkan Terima Kasih kepada TMMD ke-97
Oleh : Nursali
Senin | 26-09-2016 | 17:50 WIB
APINDO-Karimun.gif Honda-Batam

Didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Dandim 0317/TBK Letkol Inf I Gusti Ketut Arthasuyasa, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Bima Irawan Marpaung, dan Ketua APINDO Karimun Dwi Untung alias Chun Heng, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachri meninjau langsung pengerjaan semenisasi jalan sepanjang 1.500 meter lebih di Desa Pulau Parit, Kecamatan Karimun. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 yang digelar di Kabupaten Karimun berupa pembangunan infrastruktur, seperti semenisasi jalan dan gorong-gorong, ternyata sangat membantu kebutuhan masyarakat setempat akan kebutuhan fasilitas umum tersebut, terlebih di desa-desa yang belum sempat tersentuh oleh tangan Pemerintah Kabupaten Karimun.

Hal ini dibuktikan dengan semangat gotong royong yang dilakukan oleh TNI dan masyarakat sekitar dalam proses pengerjaannya, dan antusias warga di desa sasaran dalam bahu membahu agar jalan yang dibuat cepat selesai.

Beragam cara untuk mengungkapkan rasa syukur mereka atas program tersebut, mulai dari makanan dan minuman yang disuguhkan saat para prajurit TNI dan masyarakat istirahat sejenak untuk melepas lelah, bahkan membersihkan kembali peralatan-peralatan kerja mereka agar mudah digunakan kembali.

"Kami senang kali kampong kami dibuatkan jalan bagus seperti ini, udah lama kami mimpikan jalan di kampung kami bisa bagus seperti ini. Terima kasih Pak Tentara," kata warga Pulau Parit Kecamtan Karimun, Muhammad Busrah kepada BATAMTODAY.COM di Lokasi TMMD Ke-97 Tahun 2016. Senin (26/9/2016)

Menurutnya, dengan dibangunnya jalan tersebut, para warga tidak lagi mengalami kesulitan saat melintasi jalan utama di desanya, terlebih saat musim penghujan tiba, jalan tersebut selalu becek dan berlumpur, sehingga menyulitkan bagi warga setempat untuk beraktivitas.

"Yang kasian anak-anak sekolah kalau hujan gini, mereka kan buru-buru tu ke sekolah. Belum lagi warga sini yang mau kerja atau beraktivitas," katanya lagi.

Ia juga mengatakan, perencanaan pembangunan serupa telah diusulkan oleh warga kepada pemerintah setempat, melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Desa yang selanjutnya akan dimasukkan dalam Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten sebagai finishing.

"Tapi karena katanya defisit, sampai sekarang tak tebangun-bangun," keluhnya.

Oleh sebab itu, dengan adanya TMMD ke-97 tahun 2016 ini, impian akan infrastruktur tersebut terkabulkan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Warga Pulau Parit, sang Kepala Desa pun mengakui jika impian warganya akan hal tersebut telah lama diimpikan.

"Memang udah lama juga kita usulkan ke Pemerintah Kabupaten Karimun untuk membangun jalan di sini, namun belum sempat terealisasi," kata Kepala Desa Pulau Parit, Basri Muhammad.

"Saya mewakili warga Desa Pulau Parit sangat berterima kasih sekali kepada Bapak-bapak TNI yang telah membangun desa kami," timpalnya.

Editor: Udin