Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Uji Coba Jembatan I Dompak

Rencananya Gubernur dan SKPD ke Kantor Lewat Jembatan I Dompak
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 25-09-2016 | 19:02 WIB

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Uji coba penggunaan Jembatan I Dompak yang menghubungkan Tanjungpinang dan pusat pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak akan dilaksanakan Senin (26/9/2016) besok.

Rencananya, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun bersama sejumlah kepala SKPD akan melewati Jembatan I Dompak menuju kantor dalam rangka uji coba pada Senin besok.

Tersambungnya mega proyek pembangunan Jembatan I Dompak yang menelan dana APBD Rp312 miliar sejak 2014-2015 ini, menjadi hadiah istimewa sempena perayaan Hari Jadi Provinsi Kepri yang ke-14 pada 26 September 2016 ini.

Kendati belum seluruhnya rampung dan masih menyisahkan satu bentang busur dan pemasangan cable stay, Pemerintah Provinsi Kepri sangat berbangga di hari jadi ke-14 tahun Provinsi Kepri, pelaksanaan pekerjaan proyek multi years Jembatan 1 Dompak itu sudah mulai rampung dan tersambung.

Kepala Dinas PU Provinsi Kepri, Heru Sukmoro mengatakan, Jembatan I Dompak sepanjang 1.600 meter yang menghubungkan Tanjungpinang ke pusat pemerintahan Kepri di Dompak tersambung sejak Kamis (8/9/2016) lalu, setelah pihak kontraktor PT Wijaya Karya (WIKA) melakukan pengecoran akhir lantai jembatan.

"Jembatan I Dompak ini sudah tersambung sejak Kamis kemarin. Saat ini, PT Wijaya Karya (WIKA) selaku kontraktor tinggal menggesa pelaksanaan pekerjaan pembangunan bentangan busur, serta melakukan Finishing,"ujarnya.

Mengenai progres pengerjaan jembatan, Heru mengatakan, hingga saat ini sudah mencapai 99 persen, karena tinggal penyelesaian bentangan busur utama sepanjang 120 meter dan bentangan busur yang ketiga sepanjang 20 meter di atas lantai jembatan. Selain pekerjaan bentang busur, pemasangan cable stay juga masih dilakukan juga finishing pekerjaan lainya.

"Melihat perkembangan saat ini, bentang busur utama sudah selesai dikerjakan, dan tinggal busur ke tiga 60 meter. Batas akhir perpanjangan kontrak kerja masih sampai 31 Oktober 2016 mendatang, dan melihat perkembangan saat ini di lapangan, kami sangat optimis, sebelum kontrak berakhir, pekerjaan akan dapat diselesaikan kontraktor,"ujarnya.

Gubernur dan DPRD Kepri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kepri, usai menggelar Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi Kepri di Balairung Kantor DPRD juga berencana melalui Jembatan I Dompak telah hampir rampung tersebut dari Dompak ke Tanjungpinang.

Sementara itu, Dinas PU Kepri juga berencana, pelaksanaan peresmian Jembatan I Dompak yang menghubungan Tanjungpinang dan pusat Pemerintah Provinsi Kepri di Dompak ini akan dapat diresmikan Presiden Joko Widodo atau Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam puncak acara Festival Bahari Kepri (FBK) yang akan dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2016 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Jembatan I Dompak dikerjakan dengan kontrak multi years PT Wijaya Karya dengan total nilai kontrak Rp312 miliar lebih dari APBD 2014-2015 Provinsi Kepri yang penandatanganan kontrak dilakukan pada Mei 2015 lalu.

Jembatan I Dompak yang memiliki panjang 1.600 meter dengan desain bangunan kombinasi bentang PCI girder sepanjang 23 kali 40 meter, box girder sepanjang 260 meter dan balok pelengkung serta slob on pile sepanjang 172 meter. Jembatan ini juga dilengkapi dengan jogging track di bawah lantai dasar jembatan tersebut.

Editor: Surya