Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Idul Adha 1437 H di Anambas, 120 Ekor Sapi dan 2 Kambing Dikurbankan
Oleh : Alfredy Aritonang
Selasa | 13-09-2016 | 15:26 WIB
Potong-kurban-di-tarempa1.jpg Honda-Batam

Prosesi pemotongan hewan kurban di Tarempa. (Foto: Alfredy Aritonang)

BATAMTODAY.COM, ANAMBAS - Perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 H di Kabupaten Kepulauan Anambas berjalan tertib dan lancar. Sebanyak 120 ekor sapi dan 2 ekor kambing kurban disembelih untuk dibagikan kepada warga kurang mampu. Jumlah hewan kurban ini mengalami kenaikan dari tahun 2015 lalu yang hanya 113.

Rasa bersyukur masyarakat terlihat tidak merosot, walaupun keadaan ekonomi ‎menurun. Namun mirisnya, Pemerintah Kabupaten Kepualaun Anambas tidak ada menyumbang hewan kurban tahun ini.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepualaun Anambas,‎ Adam Nur, menjelaskan, seluruhnya hewan kurban berjumlah 120 ekor sapi dan dua kambing. Adam Nur juga mengaku prihatin karena Pemkab Anambas tidak ada memberi bantuan hewan kurban.

"Hewan kurban di seluruh Anambas ini berjumlah 120 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Pemotongan kurban terbanyak ada di Kecamatan Siantan, yakni 53 ekor sapi dan 1 kambing. Sementara di Kecamatan Palmatak 32 ekor sapi, Kecamatan Jemaja 18 ekor, Siantan Selatan 8 ekor, Jemaja Timur 6 ekor, Siantan Tengah 4 ekor, Siantan Timur 1 ekor sapi dan satu ekor kambing," urainya, Selasa (13/09/2016).

Ditambahkan, Kecamatan Siantan selalu yang terbanyak untuk pemotongan kurban. Pada Idul Adha tahun lalu sebanyak 39 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Sementara Palmatak 33 ekor sapi, dan Jemaja 18 ekor sapi.‎

"Ini bukan masalah sedikit atau padatnya penduduk, yang terutama itu memanjatkan rasa syukur. Tapi sayang, dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak ada hewan kurban. Tahun-tahun sebelumnya pemda ada menyumbang satu ekor," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengakui bahwa dari pemda tidak ada menyumbang kurban. "Mungkin dari pemda tidak ada sumbangan kurban, tetapi bantuan pribadi kami pasti ada," ujarnya, baru-baru ini.

Editor: Udin